29 Des 2017 14:05

Babi Putar Anna Chin Dipesan hingga Gorontalo

MyPassion
RENYAH: proses pembuatan satu ekor babi putar Anna Chin, bisa memakan waktu sekitar tiga jam hingga selesai. Karena, proses pembakaran bisa mencapai dua jam hingga dua jam setengah agar benar-benar masak.

TOMOHON- Usaha babi putar makin eksis di Kota Bunga. Salah satunya, pembuat babi putar Anna Chin, dengan pemilik Ronny Mongkareng. Tepatnya di Kelurahan Kolongan Lingkungan Satu Kecamatan Tomohon Tengah. Ronny telah memulai usaha sejak 1978. 

Pantauan Manado Post, Kamis (28/12). harga dipasarkan relatif. Tergantung besar kecilnya ukuran babi. Mulai dari Rp 1.300.000 hingga Rp 1.800.000. Tampak sekira belasan orang sibuk untuk menyajikan babi putar Anna Chin, yang memang sudah beberapa hari dipesan. Banyak pembeli berdatangan untuk memesan. Ada yang sudah jadi untuk diantar kepada pemesan. Ada juga datang mengambil sendiri.

Ronny Mongkareng pemilik usaha mengatakan, babi yang dipasarkan dari 22 Kg sampai 40 Kg. "Hari biasa, lima sampai sepuluh ekor per hari. Kalau memasuki Desember seperti sekarang ini, per hari bisa mencapai 20-25 ekor. Puncaknya, Natal dan Tahun baru bisa mencapai 100 ekor per hari," beber Ronny.

Untuk para pembeli sendiri ada dari Kota Manado, Tondano, Kotamobagu. Bahkan, ada yang sampai Gorontalo. Tetapi kalau diantar, ada biaya tersendiri dikenakan sesuai jauh dekatnya tempat tujuan. "Usaha ini telah berlangsung selama hampir 40-an tahun yang diwariskan kedua orang tua saya, dan untuk resep juga tidak pernah berubah dari dulu. Hingga saat ini, sudah menjadi ciri khas babi putar Anna Chin," paparnya.

Dijelaskannya, proses pembuatan satu ekor babi putar, bisa memakan waktu sekitar tiga jam hingga selesai. Karena, proses pembakaran bisa mencapai dua jam hingga dua jam setengah agar benar-benar masak. “Untuk stok babi sendiri, kami datangkan dari daerah Palu dan Bolmong," ucapnya. “Kami berencana  membuka cabang di Tondano hingga Manado mengingat persaingan sudah semakin banyak," tambahnya.

Salah satu pembeli Joli T mengatakan, dirinya sudah menjadi langganan karena rasa bumbunya masuk sampai ke daging. “Sedangkan kulitnya lebih renyah dan crispy. Apalagi bagian rusuknya, bumbunya lebih terasa," kuncinya. (ctr-07/vip)

Komentar
  • MyPassion

    Jennie Todd
    03 Jan 2018 15:43

    Banyak pembeli berdatangan untuk memesan, gogoanime
  • MyPassion


    03 Jan 2018 10:57

    najis..
  • MyPassion

    sopian hidayat
    01 Jan 2018 20:42

    kata orang islam jijik(haram),tp bg mereka g. biarlah kita saling menghargai...
  • MyPassion

    Mayor
    31 Des 2017 11:48

    iiiiiiihhhh.... Jijik bangetttt makanny....
  • MyPassion


    31 Des 2017 01:10

Kirim Komentar