29 Des 2017 10:11

BMKG: Potensi Hujan Masih Tinggi

MyPassion

MANADO—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sam Ratulangi Manado, melalui Kasie Observasi dan Informasi BMKG Sutikno MSi meminta seluruh masyarakat Sulut meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana.

 

Pasalnya berdasarkan analisis, hingga Januari nanti potensi hujan di beberapa wilayah di Sulut cukup tinggi. Khususnya di pesisir utara dan barat, termasuk Manado. “Satu minggu ke depan potensi hujan cukup tinggi untuk beberapa wilayah. Terlebih Manado,” warningnya, ketika dikonfirmasi kemarin.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan yang menjadi pemicu utama terjadinya hujan adalah perairan Sulut masih sangat hangat. “Yaitu pada kisaran 27-30 derajat,” sebutnya, sembari menambahkan hujan akan sering terjadi siang dan sore hari. “Curah hujan cukup tinggi. Masyarakat harus lebih berhati-hati, dan terus meningkatkan kewaspadaan, agar semua persoalan yang timbul akibat curah hujan tinggi dapat teratasi,”tuturnya.

Ketua BMKG Sulut Tri Cahyo juga mengimbau masyarakat Sulut, khususnya Manado mengupdate info mengenai cuaca, agar semua informasi bisa didapatkan. “Masyarakat harus aktif membaca informasi maupun analisis dari BMKG,” pintanya. Dirinya menegaskan BMKG merupakan suatu lembaga yang memberikan informasi mengenai perkiraan cuaca tanpa menimbulkan rasa panik pada masyarakat.

Di sisi lain, Wagub Drs Steven Kandouw mengatakan, di musim penghujan saat ini pemerintah siaga. “Semua instansi terkait sudah diinstruksikan Pak Gubernur untuk siaga di kantor masing-masing. Meski libur jangan pernah matikan ponsel. Koordinasi tetap jalan. Apalagi daerah kita rawan bencana,” tegas Kandouw.

Dia berharap, tak ada lagi bencana yang melanda Sulut. Namun, seluruh elemen masyarakat tetap harus waspada. “Warga yang tinggal di daerah rawan bencana harus tingkatkan kewaspadaan. Laporkan ke pemerintah setempat jika ada bencana,” tandasnya.(ayurahmi/gel)

Kirim Komentar