29 Des 2017 14:19

2018, Warga Sangihe Gratis Berobat

MyPassion
Jabes Ezar Gaghana

SANGIHE—Meningkatkan pelayanan publik di Kepulauan Sangihe. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menambah dana untuk pelayanan bagi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana saat dikonfirmasi Manado Post mengatakan, untuk tahun 2018 seluruh masyarakat Sangihe dilayani BPJS.

"Tadinya BPJS hanya melayani sekitar 29 ribu peserta di Kabupaten Sangihe. Sekarang sisanya yakni 43 ribu orang akan dilayani BPJS dan total dana yakni Rp 6,5 Milyar itu pemkab bayar, " ungkap Bupati yang dicintai masyarakat.

Lanjutnya,  hal ini dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat dengan lebih meningkatkan pelayanan publik yang cepat,  bebas biaya.

"Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang berobat ke RS dan Puskesmas harus kesulitan karena belum punya kartu BPJS. Sehingga mulai 2018 semua sudah difasilitasi BPJS," tegas Gaghana.

Ditambahnya, ini merupakan komitmen pemkab agar masyarakat Sangihe tidak akan mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk berobat ketika sakit.

"Sehingga  dengan adanya BPJS ini dapat meringankan beban masyarakat Sangihe. Namun meski ada BPJS kita harus tetap hidup sehat biarlah BPJS itu disimpan dan digunakan ketika perlu. Syukur juga jika tidak terpakai berarti masyarakat sudah hidup sehat, " katanya.

Sehingga nanti pemkab akan secepatnya melakukan koordinasi dengan seluruh lurah dan kapitalaung (kepala desa, red) untuk mendata masyarakat yang belum memiliki BPJS. "Semua masyarakat diharapkan harus terdata karena ini difasilitasi oleh pemkab," harapnya.

Terpisah salah satu masyarakat Kelurahan Kolongan Beha Kecamatan Tahuna Barat Eltje Kumonong merasa senang ketika mendengar pernyataan bupati terkait BPJS.  

"Saya sangat bersyukur sekali punya pemimpin yang seperti ini.  Sehingga nanti di RS maupun di Puskesmas, kami sudah tidak perlu lagi kesana kesini untuk memikirkan biaya pengobatan," tutup perempuan paruh baya ini.  (tr-08/ria)

Kirim Komentar