28 Des 2017 11:40

Sukseskan Pileg, Raker Penataan Dapil Digenjot

MyPassion

SITARO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Siau Tagulandang dan Biaro (Sitaro). Menggenjot rapat kerja (Raker) penyusunan penataan dapil dan penghitungan alokasi kursi pemilihan anggota legislatif (Pileg), Kepulauan Sitaro tahun 2019, Selasa (26/12), di Ruang Rapat KPU Sitaro.

 

Ketua KPU Sitaro, Stephen Londok SE membeberkan, raker tersebut terkait penyusunan daerah pemilihan (dapil) dan komposisi kursi setiap dapil. "Dalam raker ini, juga dibahas tentang kemungkinan potensi perubahan dapil yang didasarkan pada perkembangan jumlah penduduk di setiap kecamatan serta pertimbangan-pertimbangan lain. Untuk itu, penyusunan dan penataan dapil harus dilakukan berdasar prinsip-prinsip yang telah diatur oleh KPU RI," jelasnya.

Kegiatan ini merupakan tahap kedua koordinasi antara KPU Sitaro, dengan parpol dan ormas serta stakeholder terkait, untuk menyusun dan menata dapil yang akan digunakan dalam Pemilu 2019.

Londok menambahkan, dalam menyusun dan menata dapil, harus didasarkan pada Data Agregate Kependudukan per Kecamatan (DAK2) yang dikeluarkan oleh Kemendagri. "Karena itu, pembahasan selanjutnya tentang penataan dapil dan simulasi penyusunannya masih akan menunggu penyerahan DAK2 dari Kemendagri," tandas Londok.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri tokoh masyarakat, pimpinan partai politik dan unsur pemerintah daerah Sitaro. (drp/ria)

Komentar
Kirim Komentar