28 Des 2017 12:04
Tumpukan Sampah Hiasi Jalan Airmadidi-Kalawat

Piala Adipura Masih Mimpi

MyPassion
JOROK: Salah satu titik lokasi sampah yang menumpuk di Airmadidi, Rabu (27/12) kemarin. Foto: Rianthy Kalalo/MP

MINUT—Kesadaran warga Minahasa Utara (Minut) membuang sampah masih minim. Terbukti, sejumlah titik masih dipenuhi sampah. Bahkan disejumlah lokasi strategis seperti di jalan yang sering dilalui kendaraan, di jalan menuju Tondano. Parahnya lagi, di sejumlah titik tersebut, sangat dekat dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Airmadidi.

Berdasarkan Pantauan Manado Post, puluhan titik strategis dipenuhi dengan tumpukan sampah. “Hampir sepanjang jalan Airmadidi hingga Kalawat, sampah seakan menjadi pemandangan di tepi jalan. Ini sangat memalukan,” kata Melky warga Airmadidi. Lanjutnya, kapan piala Adipura akan diraih kalau keadaan Minut seperti ini.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tieneke Rarung SH menegaskan warga harus tertib buang sampah. “Buanglah sampah pada tempat dan waktu yang ditentukan,” kata Rarung, yang hampir setiap hari turun lapangan mengecek kebersihan lingkungan.

Diakuinya, sudah beberapa kali Ia sempat mendapati ada warga membuang sampah disisi jalan. Tetapi saat Ia turun hendak menegur, pelaku bergegas pergi.

"Saya sangat berharap warga, membuang sampah pada tempatnya. Agar Minut akan tampak bersih. Karena bersih itu bagian dari iman," katanya. Lanjutnya, pemerintah kecamatan dan desa harus proaktif. “Jangan hanya duduk di kantor. Turunlah ke wilayah masing-masing, berjalan dan lihat wilayahnya sendiri apakah sudah bersih,” tukas Rarung.

Terpisah, sejumlah warga Kalawat menilai, warga yang membuang sampah disisi jalan apalagi di sepanjang jalan SBY dan Soekarno, bukan warga sekitar. “Kami warga Kalawat tidak serta merta membuang sampah sembarangan. Mungkin  itu orang dari luar Kalawat dan Airmadidi ataupun luar daerah Minut,” katanya, sembari berharap dinas terkait dan pemerintah setempat kerjasama memperhatikan siap yang membuang sampah sembarangan apalagi dijalan umum.(ria)

Kirim Komentar