28 Des 2017 12:15

Pariwisata Masih jadi `Jualan` Utama

MyPassion

MINAHASA—Target Pemprov Sulut untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan Mancanagera (Wisman) diejahwantakan Pemkab Minahasa. Pasalnya, Pemkab terus mengoptimalkan sektor pariwisata termasuk menargetkan kunjungan Wisman capai 150 ribu tahun depan. Karenanya, sektor pariwisata menjadi ‘jualan’ utama wilayah yang memiliki segudang potensi wisata ini. “Kita optimis dari target Pemprov tersebut, 80 persennya masuk ke Minahasa,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Agustivo Tumundo.

Target ini, menurutnya cukup realistis. Pasalnya, hingga pekan kedua Desember, tingkat kunjungan Wisman ke Minahasa mencapai 90 ribu. Gencarnya promosi dan publikasi jadi senjata utama mendapatkan devisa dari para Wisman ini. “Tahun ini saja, bukan tidak mungkin kita tembus 100 ribu. Wisman. Nah, saat ini kan, sejumlah travel yang bekerjasama dengan pemerintah menjadikan beberapa lokasi menjadi tempat singgah,” katanya. “Misalnya di beberapa objek wisata seperti Benteng Moraya, Bukit Kasih, Sumaru Endo dan lainnya,” urainya.

Dalam kesempatan yang sama,  Kepala Bidang Promosi Wisata Jimmy Pinangkaan menambahkan, upaya jemput bola pun dilakukan. “Aktif mensosialisasikan dan memperkenalkan objek wisata di Minahasa bahkan Sulut dalam setiap pertemuan nasional. Memperkaya pertunjukan seni budaya, mengintensifkan kegiatan di Minahasa, turis kan perlu hiburan,” pungkas Pinangkaan.

Sementara, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS) mengatakan, sektor pariwisata jadi prioritas di tahun depan. “Lihat saja, di Benteng Moraya, Taman God Bless Minahasa serta sejumlah infrastruktur lainnya tengah kita persiapkan,” katanya. “Intinya, keterlibatan seluruh pihak, menjaga dan memelihara kondusifitas daerah. Ini jadi jaminan tak hanya wisatawan tapi investor juga,” tandas orang nomor satu di Minahasa ini. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar