28 Des 2017 12:12

Ormas Dan LSM KJ Bakal Ditindak

MyPassion

SITARO—Antisipasi paham radikal. Kesbangpol Kepulauan Sitaro akan melakukan peninjauan terhadap Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM).

 

Kepala Kesbangpol Sitaro Novryanus Takalamingan mengungkapkan, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan, terkait paham radikal.

"Karena dari pantauan kami, ada Ormas dan LSM yang sudah melakukan beberapa kegiatan namun belum terdaftar di Kesbangpol Sitaro. Untuk itu hal ini perlu di perhatikan. Meski begitu, kalau ada ormas baru, yang tetap berpegang pada nilai pancasila, maka kamipun akan tetap memberikan toleransi untuk didaftarkan, agar mempunyai data di Kesbangpol," ucapnya.

Sebab, setiap Ormas dan LSM memang wajib melakukan pengisian biodata nama ormas, masa berlaku dan tanggal berdiri, nama pengurus, alamat nomor telepon kantor serta nomor NPWP. “Jika tidak, nama Ormas dan LSM tersebut tidak akan di data di Kemendagri." jelas Erens sapaan akrabnya.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya akan menindak tegas apabila terdapat Ormas dan LSM yang Kurang Jelas (KJ) alias bodong, sehingga pihaknya akan mengirim data Ormas dan LSM yang terdaftar di setiap Perangkat Daerah.

"Kami akan turun lapangan untuk melakukan falidasi data, karena sejauh ini jumlah Ormas dan LSM hanya sesuai file yang ada, dan jika ditemukan ada Ormas dan LSM bodong, kami tidak segan untuk melakukan tindakan," tegasnya.

Terpisah, Victor salah satu pengurus Ormas mengaku sangat setuju dengan adanya penindakan terhadap Ormas/LSM yang tidak aktif, serta yang tidak melakukan kegiatan layaknya organisasi yang beretika. “Hal ini akan membantu kami, untuk meluruskan bahwa kegiatan Ormas/LSM tidak hanya untuk kepentingan sendiri, tetapi kepentingan organisasi dengan mengedepankan asas kemanusiaan. Dan jika sudah terdaftar, ada badan hukum,” kuncinya.(drp/ria)

Kirim Komentar