28 Des 2017 09:22

Data Center Pantau Kinerja Pejabat

MyPassion
CEK PERSIAPAN: Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara mengunjungi Data Center Diskominfo.

KOTAMOBAGU— Data Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bakal menjadi salah salah sarana penunjang kegiatan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Saat ini, Data Center sudah dalam tahap perampungan. 

Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara beberapa waktu lalu, meninjau pusat operasional pengelolaan dan penyimpanan data Pemkot ini, didampingi  Kepala Diskominfo Ahmad Yani Umar, Bapelitbanda Sofyan Mokoginta SH, Inspektur Kota Kotamobagu  Sya’ir Lentang MAP,  dan Kepala Data Center Rudi Yuanto Unu, serta jajaran Diskominfo Kotamobagu.

Menurut Tatong, secara keseluruhan Data Center sudah siap dalam menunjang pelaksanaan kegiatan pemerintah daerah, terutama dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, guna meningkatkan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Amatan saya, kesiapannya sudah memadai dalam menunjang kegiatan pemerintahan, baik dari peralatan penunjang maupun SDM pengelola yang akan bertanggung jawab dalam operasionalnya nanti,” terang Tatong.

Lanjutnya, memang masih diperlukan  perluasan infrastruktur, seperti fiber optic dan jaringan CCTV yang titik lokasinya perlu ditambah. Olehnya, akan diupayakan  dalam penganggaran berikutnya. Sebab, membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi membutuhkan alokasi dana lumayan besar.

Apalagi, implementasi kebijakan program smart city. “Kita sedang menuju ke arah itu, dengan secara bertahap meletakkan pondasinya melalui pembangunan infrastruktur. Itu telah kita pikirkan bersama dan akan dialokasikan dipenganggaran berikutnya,” tegas wanita enerjik ini.

Dia mengatakan, ada rencana kedepan untuk mensinkronkan dalam satu pusat pengelolaan data. “Ke depan, saya menginginkan seluruh aktivitas pemerintahan dapat terkoneksi ke Data Center ini. Berbagai aktivitas dapat kita pantau melalui CCTV, seperti aktivitas pelayanan pemerintahan, sekolah-sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan instansi pemerintahan lainnya. Dengan ini, kita bisa melakukan control terhadap jalannya pelayanan, aktivitas belajar mengajar, pemberian pelayanan di puskesmas maupun rumah sakit,” urainya.

Ditambahkannya, jika semua aktivitas pemerintahan sudah bisa terpantau, maka dapat dilihat mana instansi yang benar-benar melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan benar. “Semuanya bertujuan untuk memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa puas terhadap kinerja pelayanan yang diberikan oleh pemerintah,” harapnya.

Sementara Kepala Diskominfo Kotamobagu Ahmad Yani Umar mengatakan, rencananya Wali Kota Tatong Bara, yang akan me-launching program tersebut. “Jika tidak ada halangan, Januari nanti kita laksanakan,” ungkap Umar. Dia menambahkan, sementara ini semua kegiatan terkait dengan program tersebut telah dilaksanakan. “Bahkan, beberapa daerah tetangga pun, sudah ada yang datang untuk meninjau langsung proses pelaksanaan program tersebut,” kuncinya. (*/ite)

Kirim Komentar