28 Des 2017 11:12
Pastikan Fasilitas Kapal Penuhi Standar

Arus Mudik Kapal Laut Capai 17.444

MyPassion
UTAMAKAN KESELAMATAN: Suasana Pelabuhan Manado. Sebelum bertolak, kapal-kapal diperiksa kelengkapan dan kesiapannya untuk menjamin keselamatan crew dan penumpang. foto: Lumentinus Arko/MP

MANADO—Pelabuhan Manado yang melayani pelayaran ke tiga kepulauan di Sulut serta wilayah Ternate, tahun ini cukup ramai. Dari data Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, jumlah penumpang yang menggunakan jalur ini selama arus mudik Natal sebanyak 17.444. Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Pelabuhan Jusuf Ichsan mengatakan, lonjakan penumpang dari hari biasa tersebut masih bisa diantisipasi. “Pemeriksaan alat transportasi juga tetap jadi prioritas kami untuk menjamin keselamatan penumpang,” tukasnya.

Cuaca belakangan yang mengkhawatirkan, lanjutnya, masih bisa diatasi. Namun dia menuturkan, angka penumpang tahun ini turun dibanding 2016 lalu yang mencapai 20.054 orang. “Alasannya saya kurang tahu pasti. Mungkin masyarakat banyak naik pesawat,” sebutnya. Dirinya pun memastikan penurunan penumpang bukan disebabkan pelayanan dan keamanan yang kurang diperhatikan.

Terpisah, pengamat transportasi Sulut Samuel Rompas menilai turunnya antusias masyarakat naik kapal laut disebabkan beberapa faktor. “Saat ini kan sudah ada pesawat. Banyak masyarakat yang memilih pesawat untuk efisien waktu. Namun pihak terkait juga harus bersiap menyambut arus balik yang diperkirakan bakal membludak di akhir Desember hingga pekan kedua Januari,” papar Rompas.(ayurahmi/gel)

Kirim Komentar