27 Des 2017 14:12

Talaud Diguncang Gempa 5,1 SR

MyPassion
Ilustrasi

TALAUD—Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 SR mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (25/12), sekira pukul 20.47 Wita. "Gempa kali ini cukup terasa kencang dibanding lalu-lalu. Memang sering Talaud diprediksi terjadi gempa, namun tidak terasa. Kemungkinan gempa kali ini sumbernya dari gunung berapi di bawah perairan laut tepatnya perbatasan Sangihe Talaud," ujar Reni Tamawiwy, salah seorang warga.

 

Berdasarkan informasi diperoleh dari BMKG, koordinat episenter pada 4,0 LU dan 126,68 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 km arah selatan Kota Melonguanne, pada kedalaman 25 km. Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kapolres Talaud AKBP Denny Situmorang melalui Kabag Ops Kompol Dikson Malensang membenarkan adanya gempa bumi tersebut. Sesaat usai kejadian, pihaknya meminta jajaran untuk melaporkan akibat yang ditimbulkan. “Hasil laporan dari Polsek jajaran, tidak terdapat korban jiwa maupun kerugian material,” terangnya sembari meminta warga tetap meningkatkan kewaspadaan.

Di sisi lain, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Drs Moch Riyadi dalam rilisnya mengatakan, dampak gempa yang didasarkan kepada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan masyarakat, guncangan dirasakan di Melonguane dengan intensitas II SIG-BMKG (III-IV MMI).

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa akibat aktivitas subduksi lempeng. Berdasarkan peta tatanan tektonik, di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud terdapat zona pertemuan lempeng antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Laut Filipina,” bebernya.

Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(fik/gel)

Kirim Komentar