27 Des 2017 13:42

Panwas Rawan Disusupi

MyPassion

MANADO—Menghadapi Pilkada 2018, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membuka rekrutmen panwas di tiap kelurahan. Ini khusus berlaku di enam kabupaten/kota peserta Pilkada.

 

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda mengatakan, pengumuman pendaftaran panwas lapangan sudah disebarkan di masing-masing kelurahan dan desa. "Kami mencari yang memiliki integritas tinggi dalam bekerja, dan tentunya jujur. Untuk persyaratan bisa dilihat di kantor kelurahan atau desa masing-masing," sebut Malonda.

Lanjutnya, Bawaslu mencari figur yang tidak terlibat partai politik. Menurutnya ini adalah kriteria penting dalam persyaratan. "Di masing-masing daerah berbeda tanggal pelaksanaannya. Namun dari edaran, di-deadline sampai 28 Desember. Pertengahan Januari sudah dilantik," tandasnya.

Pengamat politik Dr Alfons Kimbal mengatakan, panwas sangat mudah disusupi berbagai kepentingan. Untuk itu dia menyortir terkait rentan waktu singkat dalam mencari panwas di desa/kelurahan. "Pencarian serta rekrutmen benar-benar dijaga. Seleksi juga harus ketat, karena mereka ini yang akan bertanggungjawab di lapangan,” tukasnya.

Bila panwas netral dan tidak disusupi, dia yakin Pilkada di enam daerah akan bersih.(ctr-03/gel)

Komentar
Kirim Komentar