27 Des 2017 13:35
Diberlakukan SMA/SMK-SMP

Benahi Jaringan Internet, 2018 Wajib UN Berbasis Komputer

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tahun 2018 akan menggelar Ujian Nasional (UN) berbasis komputer. Hal tersebut di katakan Kepala Dinas Pendidikan Sulut Asiano Gemmy Kawatu saat diwawancarai Manado Post. Menurutnya, UN tersebut telah rampung disusun.

 

"100 persen akan diberlakukan UN berbasis komputer. Kami telah mengatur untuk daerah yang tidak memiliki jaringan internet, sudah tersedia sebelum pelaksanaan UN. Kan tidak bisa kalau dilaksanakan di tempat yang tidak memiliki jaringan. Karena itu ada tim yang akan mengatur hal ini," sebutnya.

Lanjut Kawatu, daerah kepulauan akan menjadi sasaran utama perbaikan jaringan internet dalam melaksanakan UN. Tambahnya, semua dilaksanakan serentak. "Diharapkan juga agar siswa dapat mempersiapkan diri dalam melakukan UN kali ini," tandasnya.

Pengamat Pendidikan Dr Ferry Mandang mengatakan, pendidikan itu harus selalu di-upgrade. Namun pemerintah juga harus mampu mengimbangi dengan tenaga pendidik berkualitas. "Sistem UN menggunakan komputer sesuatu hal yang diperbarui pemerintah. Baik pusat maupun daerah. Tujuannya untuk mendapatkan kualitas pendidikan lebih bermutu. Saya juga mendukung, namun harus diperhatikan dan diajarkan kepada siswa agar nantinya tidak membebani mereka saat pelaksanaan ujian," jelasnya.

Lanjutnya, dengan keinginan dan tuntutan dari pemerintah tentang sistem yang seperti itu, harus ada pertanggungjawaban terkait fasilitas. “Apalagi untuk daerah kepulauan yang diketahui dalam setiap pengiriman logistik pasti terjadi keterlambatan. Hal seperti ini yang diantisipasi dan dipersiapkan matang,” tandasnya.(baladewa/gel)

Komentar
Kirim Komentar