22 Des 2017 13:43
Dari Gatal-gatal Hingga Flu dan Batuk

Korban Bencana di Manado Mulai Diserang Penyakit

MyPassion
BUTUH BANTUAN: Anak yang mengalami gatal-gatal di Kelurahan Tanjung Batu Lingkungan I. Foto: Foto: Yolister Karame/MP

MANADO—Sudah hari kelima pasca bencana, Kamis (21/12), kemarin, anak-anak di lokasi bencana mulai terserang penyakit gatal-gatal, flu, dan batuk. Dari pantauan Manado Post di Kelurahan Tanjung Batu Lingkungan Satu, salah satu anak timbul bintik-bintik merah karena gatal. Susan Suawa mengatakan, anaknya gatal-gatal di tangan dan kaki. “Paling bungsu juga flu dan batuk,” ungkapnya.

 

Beberapa anak lain juga mengalami hal yang sama. Tak sebatas anak-anak, warga lanjut usia (lansia) juga terserang penyakit. “Kami mengharapkan di lokasi ini ada pos pengobatan gratis dari Dinas Kesehatan. Supaya kami lebih dekat untuk berobat,” ungkapnya.

Dia mengharapkan, pemerintah juga dapat membantu kebutuhan anak-anak. Salah satunya pakaian. ”Sebab pakaian anak-anak sudah terendam lumpur. Mau dicuci di mana sedangkan air PDAM saja mati,” tambahnya.

Terpisah, Warga Sario Lingkungan IV Karla Mamahit juga mengungkapkan hal yang sama. ”Anak-anak sudah mulai terserang penyakit batuk dan flu akibat lumpur. Kami berharap ada pos pengobatan gratis dari pemerintah,” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr Robby Mottoh ketika dikonfirmasi mengatakan, hari pertama banjir pihaknya langsung menurunkan tim untuk melakukan pengobatan kepada masyarakat terkena dampak banjir. ”Tapi setelah itu kami menyarankan masyarakat untuk melakukan pengobatan di Puskesmas terdekat,” ujarnya.

Dia menambahkan, kalau pun sudah ada warga yang terserang penyakit, pihaknya akan menginformasikan di Puskesmas terdekat untuk mengunjungi warga yang terkena bencana. “Nanti kami akan informasikan,” tandasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar