21 Des 2017 12:23

PDI-P Urung Umumkan Kandidat

MyPassion
Franky Wongkar

MANADO—Sesuai jadwal, harusnya PDI Perjuangan sudah mengumumkan nama-nama calon kepala daerah di enam kabupaten/kota. Namun hingga kemarin, belum ada tanda-tanda akan adanya tahapan tersebut. Padahal sesuai tahapan KPU, 8 Januari pendaftaran dibuka. “Baru dua daerah yang ditetapkan sebagai calon dari PDI-P. Bolmut PDI-P ikut mengusung Depri Pontoh dan Amin Lasena, Kotamobagu Tatong Bara dan Nayodo Koerniawan,” sebut Sekretaris PDI-P Sulut Franky Wongkar.

Untuk Talaud, Sitaro, Minahasa, dan Minahasa Tenggara, dikatakan mantan Ketua Fraksi PDI-P ini, sedang digodok. “Masih sementara diproses di DPP. Secepatnya diumumkan,” tandasnya.

Dari informasi yang dihimpun, calon bupati Sitaro menguat Evangelian Sasingen dengan calon wakil bupati antara John Palandung atau AAB Maliogha. Di Minahasa, incumbent Jantje Wowiling Sajow (JWS) tetap diprioritaskan PDI-P. Untuk pasangan, dipilih di kader PDI-P atau Jefry Korengkeng dari eksternal. Di Mitra, PDI-P telah memantapkan pilihan ke James Sumendap. Sementara pasangannya diperkirakan tetap Ronald Kandoli. Di Talaud, menguat nama Welty Titah sebagai calon bupati.

Sementara, konstelasi politik di Mitra kian panas. PDI-P dikabarkan sudah mendapat dukungan dari Demokrat untuk mengusung Sumendap sebagai calon bupati. "Demokrat resmi dukung JS," tulis Sumendap via Whatsapp, Rabu (20/12).

Ketua harian Demokrat James Karinda, saat dikonfirmasi mengatakan masih menunggu petunjuk DPP.  "DPD dan DPC lagi menunggu SK dari DPP.  Memang nama Sumendap sudah kami rekomendasikan untuk diusung di Pilkada Mitra 2018," ujar Ketua Komisi IV DPRD Sulut ini. Selain itu menurut Karinda ada juga beberapa nama lainnya yang direkomendasikan.(tr-04/gel)

Kirim Komentar