21 Des 2017 12:33
KPU: Jangan Ada Black Campaign

Medsos Calon Kepala Daerah Diawasi

MyPassion

MANADO—Dalam menyambut Pilkada 2018, KPU ikut mengawasi media sosial (medsos) semua calon yang terlibat. Menurut Ketua KPU Sulawesi Utara (Sulut) Yessi Momongan, jika sudah ada pasangan calon yang sah, KPU akan memulai memantau akun medsos agar tak black campaign.

 

“15 Februari sampai 24 Juni, di situ kami mewajibkan semua medsos yang milik paslon ataupun tim sukses dilaporkan ke KPU. Prinsip sebuah kampanye adalah memaparkan visi dan misi serta program kerja. Jika tidak ada kaitannya dilarang dilakukan,” sebut Momongan. Dia menambahkan, jika perlu akan ada kerja sama dengan instansi terkait, di antaranya kepolisian untuk ikut mengawasi. “Black campaign sangat dilarang. Kami berharap masing-masing calon termasuk parpol ‘main’ sportif,” tegasnya

Senada disampaikan Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda. “Jika tahapan sudah dimulai, akan dilakukan pengawasan menyeluruh, termasuk pada penggunaan medsos ketika kampanye,” tegas Malonda. Black campaign ditegaskannya, termasuk dalam larangan. “Jangan lakukan itu jika tak ingin sanksi untuk calon,” tandas Malonda.

Hanya saja, Dr Ferry Liando menilai, ada kelemahan mendasar dalam Undang-Undang (UU) Pilkada terutama terkait black campaign. “Objek hukum pelaku black campaign hanya menyasar pada peserta Pilkada atau tim sukses. Jadi kalau ada black campaign orang per orang yang bukan peserta Pilkada atau tim sukses, baik KPU maupun Bawaslu akan kesulitan menindak,” sebutnya.

Satu-satunya cara membendung black campaign adalah mendorong proses pendidikan politik pemilih. “Artinya dengan proses itu pemilih akan mampu memilah mana berita yang patut dipercaya dan mana yang bukan. Karena itu perlu dirumuskan ulang tentang regulasi yang memuat ketentuan pemidanaan bagi pelaku black campaign yang normanya belum,” sebutnya.(ctr-03/gel)

Komentar
  • MyPassion

    mohan
    21 Des 2017 19:33

    numpang promo gan!! JUAL HAMMER OF THOR ASLI Obat pembesar Penis Paten No1 VIAGRA USA ASLI Obat Kuat Than lama atasi impotesi diabetes minat serius HUB:MOHAN CAL/WA:081228449499 BBM:D5144415 PEMESANAN VIA PAKET JNE/TIKI GRATISS!!!
Kirim Komentar