21 Des 2017 12:37

Korban Banjir Bisa Natalan dengan Lumpur

MyPassion

MANADO—Penanganan banjir di Kota Manado lambat. Pasalnya sampai hari keempat, Rabu (20/12), beberapa wilayah belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Dari pantauan Manado Post, di Kelurahan Tanjung Batu Lingkungan I-IV, masih terendam lumpur. Begitu juga di wilayah Sario dan Titiwungen Selatan. Warga sibuk membersihkan lumpur yang menutupi badan jalan dan rumah dengan alat seadanya.

Warga Tanjung Batu Lingkungan I Rony Solang mengatakan, sudah empat hari  pasca banjir belum ada bantuan dari pemerintah untuk pembersihan. “Warga di sini membersihkan rumah mereka sendiri dibantu organisasi kemasyarakatan Milisi Waraney,” ungkapnya.

Menurut dia, kalau tidak ada bantuan dari pemerintah untuk pembersihan, warga terancam merayakan Natal dengan rumah yang masih ditutupi lumpur. “Lumpur yang merendam badan jalan sampai rumah hampir satu meter. Kami mengharapkan bantuan tenaga maupun alkon untuk membantu membersihkan lumpur,” harapnya.

Di tempat yang sama, Serly Rorong menjelaskan sejumlah rumah di Kelurahan Tanjung Batu terendam dari dua sampai lima meter. ”Semua barang-barang terendam banjir. Baik tempat tidur pakaian dan kursi Perlengkapan dapur ada yang hanyut dan terendam lumpur,” bebernya.

Dia mengatakan, bantuan yang didapat hanya makanan siap saji dari jemaat dan bantuan pribadi. Sedangkan dari pemerintah belum ada. ”Kami mengharapkan bantuan dapur umum dari pemerintah,” harapnya.

Senada diungkapkan Yani Pakasih. Menurut dia pihaknya membutuhkan tenaga membantu membersihkan lumpur. “Ada alat berat satu unit membersihkan lumpur di sekolah. Tetapi itu tidak bisa menjangkau sampai di halaman rumah. Kami butuh bantuan tenaga maupun alkon untuk membersihkan,” ungkapnya.

Menurut dia, pemerintah baru memberikan makanan siap saji dan selimut 15 buah. Inipun tidak cukup untuk warga. ”Kami juga berharap ada bantuan dapur umum maupun pakaian. Sebab sudah tiga hari ini, saya tidak ganti baju karena baju yang ada sudah penuh lumpur,” harapnya.

Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan mengatakan, akan menginstruksikan Dinas Sosial dan BPBD memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir dan longsor. ”Kami juga menurunkan Pol PP, Damkar, Dinas Pekerjaan Umum, dan ASN membantu mempercepat pembersihan lumpur, dibantu masyarakat sekitar supaya proses pembersihan cepat,” tandasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar