20 Des 2017 14:34

Pemkab Tak Dilibatkan, Bupati Persoalkan Tabal Batas

MyPassion
Yasti Mokoagow

BOLMONG—Bupati Bolaang Mongondow Drs Hj Yasti Mokoagow, Senin (17/12) lalu, ikut rapat koordinasi tentang bagi hasil royalty JRBM 2013-2016. Berlokasi di Gedung Kearsipan Kementerian Minerba Jakarta.

 

Menurut bupati, dari hasil rapat tersebut, ia menyampaikan kekecewaan atas sistem bagi hasil yang didapatkan pemerintah daerah. Di mana dalam hal ini, pemerintah daerah tidak dilibatkan dalam proses pembahasan sampai keluarnya Permendagri.

“Hal ini terungkap dalam rapat. Bahwa pemda Bolsel melakukan lobi sepihak ke Kementerian ESDM. Sampai terbitnya surat bagi hasil yang tidak diketahui dan dipegang pemda Bolmong,” bebernya.

Adapun tentang tapal batas, katanya seharusnya secara faktual wajib diverifikasi dulu. Karena awal tapal batas yang mengacu pada kesepakatan adat dan melibatkan pemerintah Bolmong dalam mengambil keputusan.“Saya berniat untuk mem-PTUN-kan permendagri soal tabal batas. Sudah seharusnya masyarakat dan pemkab Bolmong kecewa dengan keputusan-keputusan yang sangat merugikan rakyat Bolmong,” tutupnya.(***)

Komentar
Kirim Komentar