20 Des 2017 10:06

Pangeran Arab Beli Rumah Termahal

MyPassion
BAK ISTANA: Kemewahan rumah milik Pangeran Mahkota Arab Saudi Muhammad Bin Salman yang diyakini sebagai rumah mewah termahal yang dibeli dengan harga Rp 4,3 triliun. Foto: Internet

TAHUN 2015 silam, sebuah rumah mewah di Prancis terjual seharga 275 juta euro atau USD 320 juta. Saat itu, rumah mewah bak istana yang jika dirupiahkan harganya menyentuh Rp 4,3 triliun belum diketahui siapa pembelinya. Namun, pembeli misterius itu pun kini terungkap. Melansir BBC Selasa (19/12), pembeli misterius itu kini diketahui yakni Pangeran Mahkota Arab Saudi Muhammad Bin Salman. Terungkapnya nama Pangeran Arab Saudi itu ketika ditelusuri dari sebuah perusahaan cangkang yang dimiliki sang pangeran.

Rumah yang didapuk sebagai rumah termahal di dunia itu memiliki gudang anggur, bioskop, parit dengan aneka ikan seperti koi dan sturgeon, serta ruang bawah tanah. Rumah bernama Chateau Louis XIV itu dibuat mirip Istana Raja Prancis dari abad ke-17. Rumah itu dibangun dengan gaya serupa dengan istana yang terdekat di Versailles.

Nama Mohammed Bin Salman terungkap setelah diberitakan oleh New York Times. Namun pihak pemerintah Arab Saudi masih belum berkomentar. New York Times juga melaporkan bahwa sang pangeran membeli lukisan Leonardo da Vinci Salvator Mundi seharga US$ 450 juta atau Rp 6,07 triliun. Lukisan itu akan dipajang di Louvre Abu Dhabi yang baru.

Awalnya pembelinya anonim dicurigai bukan pangeran yang sama, namun sebuah surat kabar mengungkapkan bahwa itu dibeli oleh Pangeran Muhammad Bin Salman. Pada tahun 2015, Pangeran Muhammad juga dilaporkan membeli sebuah kapal pesiar dari seorang pengusaha Rusia seharga USD 590 juta.

Dalam beberapa bulan terakhir, nama Pangeran Muhammad menyeruak di media atas niatannya memberantas korupsi dengan cara menciduk beberapa anggota keluarga kerajaan Arab Saudi. (berbagai sumber/fgn)

Kirim Komentar