20 Des 2017 11:30

Laporan UU ITE Menjamur

MyPassion
Philemon Ginting

BITUNG—Laporang terkait pelanggan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) menjamur. Hal ini diungkapkan Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting. Menurutnya, ini dipicu karena sering warga ketika sakit hati curhat di media sosial (medsos). Namun curhat itu menyinggung orang lain.

“Karena sakit hati, akhirnya salaing ejek-ejekan di medsos. Maka melaporlah ke kantor polisi,” ujarnya. Upaya yang dilakukan pihaknya, menurut Ginting, pertama adalah mediasi. “Karena ini masih urusan personal, maka kami hanya menghadirkan aparat pemerintahan dan langusung diselesaikan. Prinsipnya laporan yang dajukan karena tidak terima dan sakit hati dengan ucapan di medsos,” katanya.

Menurutnya, sangat jarang juga pelapor dan terlapor berproses hingga ke pengadilan. “Umumnya hanya sampai di mediasi dan berdamai,” kata Ginting.

Tambahnya, dikecualikan laporan UU ITE yang mengarah ke SARA dan berpotensi konflik. “Kalau sudah bersifat SARA yang berpotensi konflik, akan ditindaki sesuai hukum berlaku. Initinya kalau sudah SARA, sudah memiliki konteks hukum yang berbeda,” terangnya.

Dia pun meminta warga semakin bijak menggunkan medsos. “Jangan sampai disalahgunakan, sehingga merugikan diri sendiri dan orang lain,” pungkasnya. (cw-03/can)

Berita Terkait
Kirim Komentar