20 Des 2017 14:32

Diduga Korupsi Dandes, Eks Kepala Desa Terancam 20 Tahun Penjara

MyPassion
LANGSUNG DITAHAN: Tersangka DM, seusai mengikuti pemeriksaan dari penyidik Kejaksaan Negeri Kotamobagu.

BOLTIM—Mantan kepala desa (sangadi, red) Modayag, Kabupaten Boltim inisial DM, terancam dihukum 20 tahun penjara. Pasalnya, DM yang juga tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Boltim ini, diduga melakukan korupsi dana desa (dandes) ketika dipercaya sebagai penjabat sementara (PJs).

Diungkapkan Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Kotamobagu Evans Sinulingga, DM ditetapkan sebagai tersangka setelah melewati tahapan penyelidikan. “Kita lakukan pemeriksaan dan tetapkan sebagai tersangka dan langsung kita tahan untuk 20 hari ke depan,” beber Sinulingga, Selasa (19/12).

Sinulingga mengungkapkan, berdasarkan bukti yang ada, DM diduga melakukan tindakan kejahatan luar biasa, korupsi. “Ancaman hukumannya 20 tahun penjara. Proses selanjutnya pemberkasan dan akan disidangkan. Tersangka didampingi penasihat hukum pribadi,” ujarnya.

Terpisah, Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab Boltim Amin Musa mengatakan, masih akan mengikuti perkembangan kasus. “Perintah bupati, jangan pernah melakukan tindakan yang salah apalagi ini korupsi. Soal pendampingan hukum, masih akan dikoordinasikan,” ungkapnya ketika dikonfirmasi.

Namun, Musa menegaskan jika memang yang bersangkutan benar terbukti melakukan tindak pidana korupsi, pemecatan akan dilakukan oleh Pemkab Boltim. “Diberhentikan sementara lebih dahulu. Sambil kita tunggu putusan inkrah. Jika sudah ada dan dinyatakan bersalah, maka langsung dipecat dengan tidak hormat,” pungkas Musa.(***)

Kirim Komentar