20 Des 2017 13:46

Akses Jalan Pangu-Wongkay Longsor

MyPassion
TERPUTUS: Longsor yang terjadi Selasa (19/12) dini hari, sempat memutus akses jalan Desa Wongkay-Pangu. Tampak warga kesulitan melalui reruntuhan tebing. Foto: Hesly Marentek/MP

MITRA—Akses jalan penghubung dua desa, Pangu-Wongkay terputus. Hal tersebut disebabkan tebing di pinggiran jalan longsor dan menutupi jalan, Selasa (19/12). Longsor terjadi pada dua titik dengan tebal sekira 1 meter dan 1,5 meter. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. "Longsor terjadi di dua titik dan sempat menghalangi akses jalan penghubung antara desa Pangu dan Wongkay. Longsor diperkirakan terjadi pada Selasa dini hari," ujar Camat Ratahan Timur Johana Untu.

Penyebab longsor diakibatkan hujan deras yang melanda sepanjang Senin (18/12) hingga Selasa (19/12) dini hari. "Intensitas hujan yang tinggi membuat tebing di pinggir jalan tak mampu menahan. Sehingga terjadi longsor," terang Untu.

Untuk saat ini, sementara dalam penanganan. "Ada alat berat dari Dinas PU yang melakukan pembersihan. Memang sempat memutuskan akses jalan. Namun sudah bisa dilalui," terangnya. Warga yang sempat melalui akses tersebut terpaksa harus mengubah jalur. "Mau bagaimana lagi. Jalan memang tertutup penuh, terpaksa harus ubah arah melalui Wioy," ujar Andre Singkoh, warga Tosuraya, Ratahan.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mitra Ferry Uway mengatakan selama musim penghujan potensi bencana akan semakin meningkat. "Untuk itu warga diminta waspada. Terutama ketika melewati dari bertebing. Ataupun warga yang tinggal di pinggiran sungai," imbaunya.(ctr-04/gel)

Kirim Komentar