19 Des 2017 13:45

Utang Rastra Menunggak 304 Juta

MyPassion

BOLTIM—Penyaluran beras sejahtera (rastra) di Kabupaten Boltim dalam proses tahap triwulan ke empat. Namun, berdasarkan catatan ada utang sebesar Rp 304 juta oleh desa.

 

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Ekonomi Setda Boltim Rosita Pobela. Dirinya mengatakan, utang tersebut berdasarkan catatan yang masuk padanya. "Berdasarkan surat permintaan alokasi, ditambah dengan piutang sejumlah desa triwulan sebelumnya ada total 304 juta," ungkap Pobela.

Dirinya menjelaskan, piutang tersebut sudah dihitung dengan jumlah penyaluran beras triwulan ke empat. "Beras sudah di DO di gudang Bulog. Seharusnya memang sebelum diserahkan ke desa, dibayar terlebih dahulu," tandasnya.

Rosita menjelaskan, dari total 3.942 keluarga penerima manfaat, tahun ini jumlah beras yang disalurkan ke masyarakat sebanyak 59.130 kilogram. "Per keluarga dapat 15 kilogram setiap bulan. Dan diserahkan bertahap per triwulan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Divre Bulog Bolmong Bernard Mananoma mengatakan, memaklumi soal keterlambatan pembayaran. Pasalnya, dirinya mengatakan penyaluran beras juga terlambat. "Kita menunggu data by name and by address. Itu didapatkan pada bulan Mei. Penyaluran bisa dilakukan jika sudah ada data tersebut," jelasnya.

Namun, Mananoma menegaskan memiliki target semua pembayaran harus selesai tahun ini. "Kita itu kan sistemnya cash and carry. Kita memberikan waktu juga terhadap desa. Tapi targetnya tahun ini harus lunas, karena jika tidak maka resikonya tidak akan disalurkan pada desa yang berutang." ujar Mananoma.(cw-02/gnr)

Kirim Komentar