19 Des 2017 14:21
Akibat Lonjakan Penumpang Tak Diantisipasi

Kisruh Tiket Ganda Kembali Terjadi

MyPassion

TALAUD—Tradisi menjelang natal dan tahun baru, jumlah penumpang baik transportasi darat, laut maupun udara mengalami peningkatan. Termasuk di Kepulauan Talaud.

 

Parahnya, tradisi melonjaknya jumlah penumpang saat arus mudik jelang natal tidak diantisipasi. Seperti sekarang, jumlah penumpang kapal rute Manado-Talaud melonjak drastis, armada kapal tidak memenuhi.

"Penumpang kapal laut sekarang sudah membludak untuk rute Manado-Talaud. Harusnya penyelenggara angkutan laut buat trip ekstra. Tambah armada kapal misalnya. Dan pihak terkait seharusnya memastikan semua penumpang yang telah membeli tiket mendapatkan kenyamanan. Diantar ke tujuan dengan selamat,” kata Anggota DPRD Talaud Van Ambuliling, kemarin.

Lanjutnya, untuk rute Manado-Talaud kelihatannya sudah over kapasitas. Untuk itu, diharapkan pemerintah provinsi melalui pihak terkait dapat menambah jumlah kapal ke Talaud.

Senada disampaikan Godfried Timpua anggota DPRD, hari ini (kemarin red) terjadi kisruh tiket ganda untuk calon penumpang kapal Manado-Talaud. “Ada potensi over kapasitas, namun dijamin aman oleh kapten kapal bersama maupun para ABK bahkan pihak Syahbandar,” katanya.

Diharapkannya, segera ada ekstra line serta pihak syahbandar menjamin dan memastikan ada tambahan kapal Talaud. ”Gubernur Olly Dondokambey SE kiranya boleh mendesak pihak terkait untuk merealisasikan pelayaran ekstra untuk masyarakat Talaud," katanya.

Tidak hanya kapal laut, jumlah penumpang pesawat terbang juga ikut membludak. Untuk mengantisipasi situasi dan kondisi tersebut, pihak Otoritas Bandara Wilayah VIII, turun lapangan melakukan pemantauan posko natal dan tahun baru hingga di wilayah perbatasan NKRI - Filipina. Terlebih di Talaud memiliki dua bandara yakni Miangas dan Melonguane.

"Ini merupakan kewajiban kami. Saya yakin untuk Sulut pasti banyak penumpang yang ke Manado dan sebaliknya. Mengingat mayoritas warga beragama kristen. Begitupun di Talaud. Jika dalam kurun waktu perayaan natal dan tahun baru butuh penambahan pesawat, maka kami akan mendorong maskapai penerbangan menambah pesawat ataupun jadwal penerbangan ditambah," ujar Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII Kolonel Penerbang Sarwanto didampingi Kabandara Melonguane Fanani Zuhri.

Terkait sering melonjaknya harga jual tiket disaat hari libur dan hari besar, Sarwanto mengatakan selagi tidak melebihi batas maksimal dan minimal maka itu bukanlah masalah. "Selagi masih dalam batas normal tidak masalah," tambahnya.

Terpisah, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip juga meminta dinas terkait agar proaktif mengantisipasi permasalah transportasi. "Dinas terkait harus secepatnya mengambil tindakan, mengantisipasi transportasi di darat, laut maupun udara," tandasnya.(fik/ria)

Kirim Komentar