19 Des 2017 13:11
Masyarakat Diminta Waspada Penyakit Menular

Infeksi Sentuh 15.330 Kasus

MyPassion

BITUNG—Memasuki musim penghujan, warga diminta meningkatkan kewaspadaan terkait ancaman penyakit menular. Pasalnya, untuk Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) saja sudah ada 15.330 kasus di tahun ini. Hal ini diungkapkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bitung dr Jefrie Sumayku MKes.

“Kasus ISPA, mencakup saluran pernafasan atas sampai bawah. Juga ada yang disebut pneumonia adalah yang sudah infeksi yang tergolong berbahaya, sudah sampai ke paru-paru. Tapi kebanyakan infeksi yang ada, tergolong belum berbahaya. Misalnya flu dan batuk biasa,” katanya.

Penyebab ISPA adalah virus yang tersebar melalui udara dan menyerang saluran pernafasan. “Banyak sekali kasus yang terjadi di Bitung. Karena musim penghujan, penyebarannya agak cepat, karena melalui udara. Dan memang saat ini angkanya sangat tinggi,” akunya.

Sementara itu, untuk kasus demam berdarah (DBD) dan Malaria, terjadi penurunan kasus. “Jumlah penderita DBD saat ini tidak sebanyak tahun lalu. Begitupun Malaria. Namun tetap mengimbau masyarkat untuk meningkatkan kewaspadaaan,” katanya. (cw-03/can)

Kirim Komentar