19 Des 2017 14:24

Harga Ikan Meroket

MyPassion
SUASANA: Pasar Ampera Ulu Kecamatan Siau Timur, menjelang natal sepi pembeli akibat harga ikan mahal dan curah hujan cukup tinggi, Senin (18/12) kemarin. Foto: Don Papuling/MP

SITARO - Jelang perayaan natal dan tahun baru, harga ikan di Pasar Ampera Ulu Siau, terus mengalami kenaikan. Pantauan koran ini, harga ikan campur sebelumnya Rp200 ribu/ember, kini naik menjadi Rp600 ribu.

Hal tersebut, tidak hanya dipengaruhi permintaan yang tinggi, tetapi cuaca buruk juga turut memberikan kontribusi, atas kenaikan harga ikan.

Diungkapkan Vera Mamonto (36), salah satu pedagang ikan, kenaikan harga ikan ini, berdampak pada pendapatan mereka, yang semakin berkurang.

Kenaikan harga ikan mentah, justru memberikan keuntungan, bagi penjual ikan asin dan ikan asap pasalnya mahalnya harga ikan mentah membuat pembeli beralih ke ilan asin dan ikan asap. "Meski ada sedikit kenaikan, namun pembeli lebih menyukai ikan asap dan ikan asin, karena tahan lebih lama," ungkap Andi Hengkeng penjual ikan asap dan ikan asin.

Sementara itu, bumbu dapur, masih tergolong stabil. Untuk bawang, cabe dan tomat, masih belum ada kenaikan harga. "Tomat berada di kisaran Rp 5 ribu /kilo, sedangkan bawang Rp 30 ribu dan cabe Rp 50 ribu," beber Novita penjual bumbu dapur. (drp/ria)

Kirim Komentar