19 Des 2017 13:46

Banjir Tanah-Longsor Hantui Warga

MyPassion
Ilustrasi

BOLTIM—Cuaca buruk yang terjadi di berbagai daerah Sulawesi Utara menimbulkan risiko bencana. Termasuk Kabupaten Boltim beberapa kali dilanda cuaca buruk.

 

Berdasarkan catatan Manado Post, dampak cuaca buruk mendatangkan beberapa kejadian, diantaranya tanah longsor di jalur Nuangan Modayag dan Buyat Kotabunan. Bahkan, terakhir hujan beberapa jam luapan air menggenangi rumah dinas Bupati Boltim dan sejumlah rumah di Kayumoyondi dan Tutuyan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim Elvis Siagian mengatakan, saat ini dampak buruk perubahan cuaca masih dalam kategori yang tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, Siagian mengatakan untuk kesiapan menghadapi jika terjadi bencana di Boltim harus mendapatkan instruksi bupati. “Itu tahapan bencana harus laporkan kepada bupati. Nanti dari bupati yang memberikan instruksi.  Soal dana siaga bencana kita ada,” ungkapnya.

Siagian menambahkan, selama ini BPBD sudah mengeluarkan biaya yang banyak ketika terjadi beberapa bencana seperti tanah longsor Kotabunan dan Tobongon. “Hasil koordinasi dengan BPJN, dana pemeliharaan jika ada bencana di jalan nasional sudah habis. Katanya sudah diprogramkan di tahun 2018. Jika ada bencana, terpaksa saya buat telaan staf ke bupati untuk menurunkan anggaran tanggap bencana. Ada dana bencana yang disiapkan sebesar Rp 500 juta,” ungkap Siagian.(cw-02/gnr)

Komentar
Kirim Komentar