18 Des 2017 13:59
Warga Khawatir Stok Habis

Harga Bapok di Minsel Mulai Naik

MyPassion

MINSEL—Sepekan jelang Natal, harga bahan pokok (bapok) di 10 pasar di Minsel berangsur naik. Menariknya, kenaikan terjadi di waktu tertentu. Sontak hal ini mulai dikeluhkan warga. Rian Maindoka, warga Tompaso mengeluhkan kenaikan bahan dasar pembuatan kue.

"Mentega curah yang biasa 14 ribu dijual 18 sampai 20 ribu. Sedangkan tepung bisa sampai 12 ribu per kilonya," urai dia. Para pedagang, lanjutnya, beralasan mulai kehabisan stok. "Padahal kata pemerintah stok aman. Jadi siapa yang bohong," keluhnya.

Direktur PD Pasar Jootje Tuerah mengatakan, dirinya telah melarang adanya aktivitas dagang di pasar saat malam. Pasalnya banyak pedagang yang nekat menaikkan harga malam hari. "Konsumen kita minta bisa memilah saat melakukan transaksi. Kita sudah mewarning aktivitas di malam hari. Tapi semua sementara dalam penataan," tutur dia.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Adrian Sumeweng membantah. Katanya dari hasil penelusuran, stok masih aman. "Jadi kalau ada kenaikan dengan alasan stok terbatas, kita curiga sudah ada penyimpangan. Tapi sejauh ini hasil sidak harga masih stabil," terang dia.

Di sisi lain, Kapolres Minsel Arya Perda menegaskan keseriusan pihaknya mengamankan bapok jelang Natal. "Masyarakat yang mendapat laporan adanya penimbunan bahan pangan jelang hari raya silahkan laporkan. Bila berdasar dan dapat dibuktikan, pasti kita tindak," pungkasnya. (jen/gel)

Kirim Komentar