18 Des 2017 13:49

Gorong-gorong Depan MIS Tak Berfungsi

MyPassion
MEMPRIHATINKAN: Jalan raya Kalawat, depan MIS mulai rusak akibat tergenang air Sabtu (16/12). Foto: Lerby/MP

MINUT—Hujan disertai angin kencang yang terjadi Sabtu (16/12) akhir pekan lalu, dihampir seluruh Minahasa Utara (Minut) sangat mengganggu aktivitas warga.

 

Pantauan Manado Post, Minggu (17/12) keamrin, genangan air jalan depan MIS Desa Kawangkoan Baru Kecamatan Kalawat belum juga surut. Sejak terjadi banjir pekan lalu, hingga mengakibatkan jalan tersebut tidak bisa dilalui pengendara. Karena air hampir mencapai 1 m.

Selain itu, di Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat juga terkena dampak banjir. Felix Darome warga yang menjadi korban banjir mengungkapkan, air mulai naik saat hujan mengguyur semalam sekira pukul 20.00 wita. Air masuk hingga ke dalam rumah.

“Ketika air naik, kami langsung kocar-kacir mencoba menyelamatkan barang yang masih bisa dijangkau. Namun karena air naik dengan cepat beberapa barang didalam rumah tak sempat diungsikan,” ungkapnya ketika ditemui Manado Post dirumahnya kemarin yang saat itu air belum juga surut.

Parahnya, hingga kemarin, air masih sebatas betis orang dewasa. “Setiap tahun, saat hujan turun cukup lama, harus banjir, karena saluran tidak memadai. Apalagi sampai saat ini belum pernah ada bantuan dari pemerintah maupun pihak yang berwenang lainnya. Pemerintah desa hanya sampai tahap pencatatan nama keluarga. Tetapi bantuan tak didapat,” keluh Darome.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut Forsman Dandel ketika dikonfirmasi menyampaikan akan segera menugaskan anggotanya untuk turun ke lokasi banjir. “Kami tetap selalu memberikan bantuan kepada setiap korban bencana.

Kalau masalah tidak pernah memberikan bantuan. Karena kami tidak ada laporan dari pemerintah setempat. Biasanya pemerintah setempat jika terjadi bencana, dan ada keluarga yang menjadi korban maka dilaporkan ke BPBD. Dan tim langsung turun memberikan bantuan di rumah warga yang menjadi korban,” sampainya.

Ditambahkan Dandel, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mencari solusi mengatasi masalah tersebut. “Tadi pagi (kemarin, red) Saya memantau kondisi wilayah di Minut. Banjir hanya terjadi di Kawangkoan. Kami masih menunggu informasi, jika ada titik bencana lainnya,” tukas Dandel.(lerby/ria)

Kirim Komentar