16 Des 2017 11:41

Cuaca Ekstrem di Sangihe, Tiga Rumah Hanyut

MyPassion
BAHAYA: Pelabuhan laut Tahuna jadi kolam, Jumat (15/12) kemarin karena dihantam ombak setinggi 5 meter hingga ke area pelabuhan. Foto: Sriwani/MP

SANGIHE—Angin kencang disertai gelombang pasang yang terjadi sejak beberapa hari terakhir ini, membuat masyarakat yang bermukim di lokasi pinggiran pantai mulai panik.

Apalagi Kamis (14/12) lalu, tiga rumah milik warga di Kelurahan Santiago Kecamatan Tahuna hanyut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe, Ir Reintje Tamboto membenarkan bahwa rumah yang hanyut akibat diterjang gelombang pasang yang mencapai 4-5 meter. Selain tiga rumah yang dinyatakan hanyut, Tamboto juga mengatakan dilokasi yang sama terdapat 6 rumah yang rusak berat karena diterjang ombak.

“Dengan adanya cuaca yang ekstrem, gelombang pasang yang sangat tinggi di Kepulauan Sangihe, kejadiannya di Kelurahan Santiago, ada tiga warga yang terkena dampak gelombang pasang yang rumahnya hanyut dan 17 rumah lainnya terkena dampak,”ungkap Tamboto.

Dikatakannya, untuk penanganan Pemkab Sangihe melalui BPBD akan memberikan bantuan logistik kepada korban bencana.

“Serta akan bekerja bersama dengan TNI untuk melakukan kerja di lapangan yaitu melakukan penanganan darurat dengan pengisian material di karung untuk penanganan awal di Talud,” ujar Tamboto.

Terpisah, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengimbau, keberangakatan kapal tujuan Tahuna-Manado harus melihat situasi dan kondisi (kondisi). "Mengingat angin kencang dan ketinggian ombak yang mencapai 5 meter, diharapkan pihak yang berwenang dapat melihat sikon untuk memberangkatkan kapal, karena sangat membahayakan," pinta bupati.

Terpisah Rutheny A salah satu warga Tahuna yang hendak berangkat ke Manado harus mengembalikan tiket yang sudah dibeli. "Saya merasa takut melihat gelombang besar seperti ini terpaksa saya harus menunda keberangkatan. Tapi berdasarkan informasi yang didapat kapal akan tetap diberangkatkan seperti jam biasa," ungkapnya saat ditemui di Pelabuhan Tahuna, Jumat (15/12) kemarin (***)

Kirim Komentar