14 Des 2017 14:42
2018, Penertiban Pedagang Bertahap

Kondisi Pasar Makin Semrawut

MyPassion
TAK TERATUR: Pasar Lolak harus segera ditertibkan. Pasalnya, para pedagang yang jualan barang dagangan sudah memakai badan jalan.

BOLMONG—Keberadaan Pasar Lolak mulai tak sedap dipandang. Para pedagang mulai menggunakan badan jalan. Hal ini mengakibatkan terganggunya lalu lintas. “Ini sangat mengganggu,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Helmida Mokodongan, Rabu (13/12) kemarin.

 

Menurut Helmida, pihaknya awal tahun 2018 mendatang akan menertibkan seluruh pasar. Mulai dari penertiban bahu jalan, kebersihan dan estetika. “Dalam pertemuan oleh Dinas Perdagangan dan ESDM bersama 50 pedagang di Pasar Lolak, di Gedung Ramadina Lolak, kami membicarakan terkait penataan pasar,” bebernya.

Helmida Mokodongan mengatakan, semua aspirasi pedagang telah ditampung. “Apalagi, Pasar Lolak sudah menjadi pasar tertib  berstandar SNI. Timbangan, takaran sudah berdasarkan standar langsung dari kementerian,” jelasnya. Untuk membuat pasar ini tidak semrawut lagi, pihaknya akan menggandeng Dinas Perhubungan, Satpol PP dan pihak terkait lainnya. “Ini sudah lintas sektor, jadi harus gandeng dinas terkait," ujar Helmida.

Para pedagang pun meminta agar mereka dapat berdagang seperti biasa. “Lapak-lapak nanti akan tetap bisa menampung dagangan kami, meski nanti akan ada penertiban pasar. Terpenting hak kami sebagai pedagang tetap jalan. Jangan sampai karena penertiban kami dirugikan,” ungkap para pedagang. Seperti diketahui, Pasar Lolak hanya sampel dari delapan pasar di Bolmong.(tr-01/gnr)

Kirim Komentar