14 Des 2017 13:43

Gelap Gulita!!Interchange Rawan Kecelakaan, Undang Kriminalitas

MyPassion
RAWAN LAKALANTAS: Tidak berfungsinya penerangan jalan umum (PJU) menyebabkan jalur Interchange Manado Bypass gelap gulita. Pengguna jalan diharapkan harus lebih berhati-hati saat melintas .Foto: Reza Mangantar/ Manado Post

MINUT—Interchange by pass Ring Road memiliki keunikan tersendiri di Bumi Nyiur Melambai. Tetapi sangat disayangkan, hal tersebut tak didukung dengan infrastruktur.

 

Pantauan Manado Post, Rabu (13/12) malam, puluhan lampu solar cell yang berdiri tegak tak berfungsi. Deretan lampu tersebut tidak menyala. Beberapa kendaraan terlihat mengalami kesulitan berkendara hingga di jalan layang.

Bahkan ada sejumlah pengendara dari Maumbi yang akan mengarah ke Mapanget, terlihat hampir salah arah, karena begitu gelapnya kondisi jalur interchange. Parahnya rambu lalu lintas pun tak terlihat.

Fandi Rumengan salah satu pengendara asal Maumbi mengatakan infrastruktur yang dibuat seakan tak berguna. Lampu jalan telah berdiri, namun tidak menyala. “Ini sangat mengganggu pengendara. Sudah bagus program pemerintah yang membuat interchange untuk mengurai macet. Tapi masalahnya malam hari keadaan yang ada di interchange Ring Road gelap gulita,” katanya kepada wartawan koran ini.

Diharapkannya, pemerintah cepat mengaktifkan lampu tersebut. “Agar kami bisa berkendara dengan nyaman, tanpa menghawatirkan kecelakaan bahkan tindak kriminal yang bisa terjadi,” harap Rumengan.

Terpisah, Pengamat Transportasi James Timboleng  menilai kondisi jalan seperti interchange adalah jalur bebas hambatan. Otomatis kendaraan yang lewat rata-rata dengan kecepatan diatas normal.

“Jika malam hari kondisi jalanan gelap, bisa terjadi kecelakaan. Bila ada pengendara yang berhenti di pinggiran jalur interchange. Tentu pengendara lain tidak bisa melihat. Tapi jika ada lampu jalan yang menerangi, keselamatan pengendara bisa dipastikan,” nilainya.

Lanjutnya, sebaiknya pemerintah atau dinas terkait segera melakukan penerangan di jalur interchange. Sebelum terjadi kecelakaan. “Apalagi ini memasuki perayaan natal. Kuota kendaraan akan bertambah. Dan larut malam, jumlah pengendara yang akan melewati interchange, pastinya tidak seperti hari biasa lainnya. Maka Saya harap ada penanganan cepat dari pemerintah,” harap Timboeleng.(lerby/ria)

Kirim Komentar