13 Des 2017 14:48

Siap Bangun PLTS, Bupati: Bukan untuk Umum

MyPassion
Sehan Landjar

BOLTIM—Bupati Kabupaten Boltim Sehan Landjar, berencana untuk memanfaatkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), untuk menggantikan jas PLN. Diungkapkan bupati periode kedua ini, PLTS rencananya akan dibangun pemerintah Boltim pada tahun 2018. “Saya sudah cek, anggarannya mungkin sekitar 4 miliar. Rencananya tahun depan akan dibangun,” ungkap Landjar, Selasa (12/12).

 

Namun, Landjar menjelaskan untuk pemanfaatan PLTS bukan digunakan untuk pemasok listrik bagi masyarakat umum. "Ini khusus untuk kawasan pusat pemerintahan. Kebetulan lokasi yang pas sudah ada yaitu di kawasan kantor bupati," jelasnya.

Landjar menambahkan, PLTS ini konsepnya adalah multi fungsi, karena perencanaannya panel tenaga surya yang akan terpasang nantinya bisa dimanfaatkan jadi lahan parkir. "Itu jadi sekalian tempat parkir, karena panelnya dipasang semacam menjadi atap,” jelas Landjar.

Rencana pemasangan tenaga surya sebagai pemasok listrik pusat perkantoran, menurut Landjar dikarenakan perhitungan biaya listrik yang selama ini dibayar pemkab Boltim cukup tinggi. “Kita bayar PLN per tahun bisa mencapai miliaran. Kalau tenaga surya, sekali pasang sudah dengan pembiayaan dan tinggal dilakukan perawatan,’ tandas Ketua DPW PAN Sulut ini.(cw-02/gnr)

Kirim Komentar