12 Des 2017 12:38

Waspada! Kejahatan Meningkat

MyPassion

BITUNG—Jelang Natal dan Tahun Baru, tindakan kejahatan meningkat. Ini disebabkan desakan kebutuhan ekonomi yang tinggi. Hal ini diungkapkan Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, kemarin.

Menurutnya, akhir tahun seperti ini banyak tindakan kejahatan yang sifatnya situasional. “Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Karena saat ini, kejahatan bukan mencari uang banyak, tapi akibat kebutuhan tinggi menjelang Natal. Mengakibatkan orang yang terkena dampak, seperti tidak bekerja dan lainnya, berusaha mencari uang mencukupi kebutuhan di akhri tahun ini dengan segala cara,” ujarnya.

Lanjut Ginting, tengah marak saat ini adalah aksi kejahatan seperti penjambretan. Juga perlu diwaspadai pelaku kejahatan lintas kota dan provinsi. “Khusus jambret ada pelaku yang sudah berpengalaman. Sementara untuk ranmor dan pencurian rumah kosong masih minim,” terangnya.

Tingginya tindakan kejahatan jelang Natal, kata Ginting, tak lepas dari dampak PHK yang tinggi. “Karena dampak dari tutupnya perusahaan, pasti tindakan kriminalitas meningkat,” ungkapnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Bitung Afrizal Nugroho menegaskan, peningkatan pengamanan kepolisian sudah mulai dilakukan. “Kami antisipasi dengan lebih aktif berpatroli. Pun akan melaksanakan razia secara rutin di tempat-tempat yang strategis dijadikan sasaran kejahatan. Akan dilaksanakan Desember sampai akhir Januari 2018 mendatang,” terangnya. (cw-03/can)

Kirim Komentar