12 Des 2017 12:57

Penyelenggara Pilkada Harus Netral

MyPassion

TALAUD—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Talaud menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penelitian faktual terhadap dukungan pasangan calon perseorangan. Dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018 mendatang, kepada PPK, PPS  dan Kesekretariatan se-Kepulauan Talaud, di Pendopo Rudis Bupati, Senin( 11/12) kemarin.

 

Ketua KPU Talaud Velma Sumee sebagai pemateri didampingi komisioner lainnya dan Operator Silon Indonesia Bagian Timur Yesly.

Dibeberkannya, inti materi yang diberikan, bagaimana mengisi formulir dukungan yang Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maupun hal lainnya berdasarkan penelitian sebagaimana yang diamanatkan dalam perundang - undangan.

Lanjut Sumee, dasar hukum pelaksanaan verifikasi faktual yang dimulai (12-25/12), diatur dalam UU No 10 tahun 2016, PKPU No 1 tahun 2017, PKPU No 3 tahun dan PKPU No 15 tahun 2017 yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran dukungan bakal calon perseorangan.

"Ketika semua telah mengikuti bimtek dan yang telah membawa format atau berkas penelitian faktual ke wilayah kerja masing -masing, haruslah mendatangi setiap tempat tinggal penduduk yang telah dinyatakan memenuhi syarat administratif untuk mencocokkan kebenaran nama, alamat pendukung dan dukungan kepada bakal perseorangan. Verifikasi dilakukan oleh PPS atau dapat mengangkat petugas peneliti di RT/RW setempat sesuai kebutuhan," ujar Sumee.

Ia juga menegaskan, jika didapati PPS berbuat curang atau tidak melakukan pemeriksaan dengan baik, maka PPS tersebut akan ganti. " Itu pasti ditindak. Lakukanlah verifikasi dengan jujur. Jangan ada yang tidak mendatangi tempat tinggal penduduk yang dimaksud," tegas Sumee.

Sembari menambahkan KPU, PPK dan PPS harus netral dan tidak memihak, serta berjalan sesuai regulasi. "Dalam pengambilan keputusan harus berkoordinasi dengan Panwaslu, Panwascam dan PPL," tambahnya.

Sebelum verifikasi faktual, KPU telah melaksanakan verifikasi administratif terhadap berkas dukungan dua bakal calon perseorangan yakni pasangan Handri Piter Poae - Clartje Silvia Awulle dan  pasangan Sri Wahyumi Maria Manalip - Gunawan Talenggoran.(fik/ria)

Kirim Komentar