12 Des 2017 09:29

POLDA-TNI SIAGA, Menhan: Sulut Aman

MyPassion

MANADO—TNI/Polri jangan kecolongan. Natal dan Tahun Baru harus kondusif dan nyaman. Jajaran yang dipimpin Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito sudah siapkan operasi terpusat. Bersandi Lilin Samrat 2017. Semua daerah vital di tanah Nyiur Melambai, tak akan luput dari pengawalan ratusan personel yang akan disebar ke titik-titik rawan.

 

Menurut Kapolda Sulut Irjen Waskito, melalui Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo, pihaknya juga akan menyiapkan pos-pos pelayanan. “Untuk total personel yang turun dari jajaran Polda Sulut hingga Polres, itu ada 385 personel. Tapi, pasti kami juga melibatkan anggota TNI,” tegas Tompo, kemarin.

Rencana Operasi Lilin Samrat sendiri, dijadwalkan 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. “Kami juga melibatkan beberapa ormas, yang akan bekerja sama mengamankan Natal hingga Tahun Baru,” tambah Tompo. Sementara untuk upacara gelar pasukan, direncanakan mulai Jumat (22/12), di Lapangan Upacara Mapolda.

Perwira berpangkat tiga melati ini juga mengatakan, Polda Sulut sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari semua elemen masyarakat. Guna menyukseskan pengamanan Natal dan Tahun Baru. “Karena, selain dukungan personel, saya juga membutuhkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat tentunya. Agar, pengamanan tahun ini bisa berjalan dengan baik,” tutur mantan Wadireskrimsus Polda Maluku Utara ini.

Ditegaskannya, dalam giat Operasi Lilin Samrat tahun ini, yang bakal menjadi objek pengamanan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, tetap ada peningkatan. “Mengamankan masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru, terkait sasaran pengamanan itu, yaitu tempat-tempat ibadah, belanja, transportasi, hingga akses lalulintas masyarakat,” bebernya. “Sementara untuk tindak pidana yang bakal jadi sasaran pemberantasan yaitu, miras, sajam, premanisme hingga pelaku tindak pidana lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, menurut Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Ganip Warsito, pihaknya siap mem-back up kepolisian terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru. "Jika dibutuhkan, kami akan all out untuk mengamankan," jamin Waskito, jenderal bintang dua tersebut.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kamtibmas. "Daerah ini dikenal dengan toleransinya. Jangan mudah terpancing dengan isu-isu tak bermanfaat. Dan laporkan, jika ada oknum-oknum yang mau coba-coba melakukan provokasi," tegasnya.

12
Kirim Komentar