12 Des 2017 09:36

Bom Meledak di New York

MyPassion
SUASANA di dekat Times Square, New York, lokasi meledaknya bom pipa, kemarin (11/12). Foto: Reuters

KESIBUKAN pagi hari di salah satu subway dekat Times Square, Kota New York, Negara Bagian New York, Amerika Serikat (AS), buyar oleh suara ledakan kemarin (11/12). Seorang pria meledakkan bom pipa yang terikat pada tubuhnya. Ledakan kecil itu mengakibatkan pelaku dan tiga orang lainnya terluka.

”Syukurlah, pelaku gagal menjalankan misinya sesuai rencana,” kata Wali Kota New York Bill de Blasio dalam jumpa pers sebagaimana dilansir CNN. Polisi mengidentifikasi pelaku ialah Akayed Ullah. Pria yang kini diamankan aparat itu masih berusia 27 tahun. Selama ini, lelaki keturunan Bangladesh tersebut tinggal di kawasan Brooklyn.

Diketahui, New York adalah kota terpadat di Amerika Serikat, negara yang dipimpin Presiden Donald Trump. New York juga dikenal pusat wilayah metropolitan dan merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. New York memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia. Tak hanya itu, New York jadi markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, kota ini juga merupakan pusat hubungan internasional yang penting.

Dalam jumpa pers yang sama, Komisioner Kepolisian New York James P. O’Neill menyebut aksi Ullah kemarin sebagai percobaan teror. Ledakan yang terjadi sekitar pukul 07.30 waktu setempat itu membuat jalur utama stasiun bawah tanah yang sedang disesaki calon penumpang tersebut berselimut asap. Para calon penumpang panik dan langsung melarikan diri sejauh-jauhnya dari area stasiun.

Investigasi awal menyebutkan bahwa Ullah adalah simpatisan ISIS. Namun, polisi belum menemukan bukti-bukti kuat yang mengarah pada keterkaitan pelaku dengan ISIS. ”Bom rakitan itu dirancang dengan teknologi yang sangat sederhana. Pelaku mengikatkan bom pipa itu ke tubuhnya dengan tali plastik dan velcro,” ungkap seorang sumber kepolisian kepada Reuters.

Dalam foto yang dipublikasikan New York Post kemarin, tampak seorang pria berewokan tergeletak di jalan. Kausnya terbakar akibat ledakan dan jelaga tampak mengotori bagian perutnya. Associated Press melaporkan, Ullah diborgol dan dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi sesaat setelah beraksi. Kabarnya, polisi juga mengamankan bom rakitan lain di sekitar stasiun tersebut.(jpg)

Kirim Komentar