11 Des 2017 09:32

Unima Menuju BLU

MyPassion
Rektor Unima Prof Dr Julyeta PA Runtuwene memimpin Rakerpim.

MANADO--Universitas Negeri Manado (Unima) menggelar Rapat Kerja Pimpinan (Rakperpim) Unima. Rakerpim  dilaksanakan Kamis (7/12), sampai Sabtu (9/12), di Hotel Arya Duta Manado, mengambil tema “Peningkatan Prestasi Kinerja Institusi”.

Rapat dipimpin langsung Rektor Unima Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS, didampingi Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof Dr Deitje Katuuk MPd, Pembantu Rektor Bidang Kepegawaian dan Keuangan Dr Jefry Tamboto MPd, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Sisca Kairupan MSi, Pembantu Rektor Bidang Kerja sama Drs Ronny Tuna MHum dan Pembantu Rektor Bidang Perencanaan Prof Dr Cosmas Poluakan MSi. Diikutii oleh seluruh jajaran pimpinan universitas, fakultas, lembaga, badan dan unit di lingkungan Unima.

Rektor Unima mengatakan, tujuan pelaksanaan Rakerpim ini pertama untuk mengevaluasi penyelenggaraan kegiatan sesuai program unit kerja dan yang terkait dengan pelaksanaan RKKAKL Unima tahun 2017. Kedua, untuk mengidentifikasi dan mensinkronisasi program dan kegiatan unit kerja sesuai Pagu Devinitif RKAKL Unima 2018.

“Ketiga untuk menyusun rekomendasi pengembangan program berbasis pencapaian target kinerja institusi, dan pokok-pokok program Unima 2019 serta sosialisasi Unima menuju BLU Tahun 2018. Tujuan ini, tentunnya mengacu pada Renstra Unima 2015-2019 dengan visi Unima menjadi Universitas berkarakter, inovatif  dan unggul kompetitif,” ujarnya.

Menurut Rektor, kita semua harus bersyukur karena dari evaluasi pelaksanaan program kegiatan Unima di tahun 2017, Unima terus menunjukkan perubahan dan peningkatan pencapaian misalnya, evaluasi program studi yang disesuaikan dengan format evaluasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.  

Lanjut, di mana dari empat Prodi D3, 48 Prodi S1, 13 Prodi S2 dan 1 Prodi S3 jumlah mahasiswa berwira usaha, lulusan bersertifikasi/berkompetensi, akreditasi program studi dan lulusan yang bekerja sesuai bidang. “Juga mahasiswa berprestasi, jumlah dosen bersertifikasi, jumlah buku ajar, publikasi internasional, HAKI, vitasi karya ilmiah, jumlah penelitian, dan pengabdian yang dimanfaatkan masyarakat di tahun 2017 terus mengalami peningkatan,” ujarnya.

Rektor menambahkan, hal yang menonjol pada pencapaian Unima tahun 2017 adalah ranking Unima berdasarkan pemeringkatan perguruan tinggi oleh Kemristekdikti. “Saya tandatangani  dalam perjanjian kerja dengan Menteri tahun 2016. Menteri menargetkan Unima harus masuk 80 besar dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi,” sebutnya.

Dia mengatakan, selaku Rektor tentu kita menerima target tersebut dan secara bersama dengan seluruh jajaran pimpinan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berupaya keras melakukan berbagai pembenahan serta terobosan-terobosan, supaya  membuahkan hasil yang baik.

“Peringkat kita meningkat jauh dari yang ditargetkan. Terbukti saat diumumkan tanggal 17 Agustus 2017 lalu oleh Kemristekdikti tentang pemeringkatan perguruan tinggi, Unima ada di ranking 53 (sebelumnya pada tahun 2016 berada diperingkat 455, red). Ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa, kita patut mengucap syukur atas pencapaian dari  kerja keras bersama,” terangnya.

Dalam Rakerpim ini juga Rektor Julyeta menyampaikan, tentang persiapan Unima menjadi Universitas yang mewujudkan Pola Pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU), supaya dapat mengelola keuangan yang  lebih fleksibel, dengan mengutamakan produktivifitas, efisiensi dan efektivitas.

”Ini dimaksudkan agar Unima sebagai instansi pemerintah dapat meningkatkan pelayananannya kepada pelanggan, dalam hal ini mahasiswa, masyarakat, dan para stake holder. Karena target kita tahun 2018, makanya dalam  forum raker ini kita mau menyatukan persepsi dalam mempersiapkan Unima dapat mewujudkan pola pengelolaan BLU,” terangnya.

Hasil Rapat Kerja Pimpinan juga telah menyepakati program dan kegiatan unit kerja sesuai Pagu Devinitif RKAKL Unima 2018. Rekomendasi pengembangan program berbasis pencapaian target kinerja institusi, dan pokok-pokok program Unima 2019, komitmen meningkatkan     akreditasi dan kinerja institusi menjadi akreditasi A, serta rekomendasi kesiapan Unima mewujudkan pola pengelolaan BLU tahun 2018.

Sebelumnya dalam agenda Rakerpim telah disampaikan materi-materi terkait peningkatan prestasi kinerja institusi. Materinya antara lain pemantapan pengawasan kinerja civitas oleh Mohamad Hardi AK, MPROF ACC  CA selaku Inspektur Jenderal Kemristekdikti, penguatan kinerja institusi menuju Unima TOP oleh Motivator Dr Soeprayitno MM MSc,  pencapaian target kinerja institusi berbasis cascading kinerja oleh Dr Ir Erry R Nurzal MT MPA selaku Kepala Biro Perencanaan Kemristekdikti.

Juga evaluasi kinerja institusi oleh Prof Dr Julyeta PA Runtuwene MS, selaku Rektor Unima, best practices Universitas BLU oleh  Prof Dr I Wayan Lasmawan MPd selaku Wakil Rektor II Undikhsa Singaraja Bali. Sosialisasi BLU oleh tim persiapan BLU Unima. (*/ite)

Komentar
  • MyPassion

    Medespoir Chirurgie
    15 Des 2017 16:00

    agence de tourisme médical
  • MyPassion
    Des opérations esthétiques simples ou invasives sont permises à des prix imbattables. Demandez devis totalement gratuit sans engagements. Tous les jours disponibles, des experts chirurgie esthétique, médecine esthétique et chirurgie bariatrique sont prêts à vous garantir des soins de qualité. http://www.medespoir.ch/
Kirim Komentar