11 Des 2017 08:41

Tomohon Jalin Sister City Dengan Louny Ceko

MyPassion
Kapolda Sulut Bambang Waskito, Wali Kota Tomohon Jimmy Eman, Wali Kota Louny Radovan Sabata, usai diskusi bersama terkait Sister City.

ROMBONGAN Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon gelar pertemuan dengan Pemerintah Kota Louny, di Ceko (7/12), waktu setempat. Diketahui, Kota Louny merupakan salah satu kota yang jaraknya tidak jauh dari Kota Praha.  Dalam pertemuan tersebut, Pemkot Louny membicarakan Sister City dengan Pemkot Tomohon.

Bahkan, memperoleh rekomendasi Duta Besar Republik Indonesia untuk Praha Dr Aulia Rachman, yang saat itu ikut dalam pertemuan. Banyak hal yang dibicarakan dalam pertemuan. Terungkap kesamaan program antara Kota Tomohon dan Kota Louny. Seperti, kesamaan dalam pengembangan pendidikan dan kebudayaan, kerukunan antar umat beragama.

Setiap tahun, di Bulan Agustus ada gelaran festival kepariwisataan, daerah yang memiliki PLTU. Kesamaan inilah yang menjadi dasar konsep Sister City.  Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman (JFE) SE Ak saat bertatap muka, mengapresiasi jajaran KBRI di Praha bersama Pemkot Louny yang telah menerima kunjungan Pemkot Tomohon. "Terimakasih, karena kami telah diterima dengan baik,” ucap Eman.

Dikatakannya, pihaknya sampai saat ini, terus berupaya melakukan berbagai terobosan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang. Seperti pendidikan, kesehatan, hingga membina hubungan antar umat beragama. Kesempatan itu, JFE mempresentasikan kegiatan tahunan Kota Tomohon. Yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF).

Sekaligus mengundang Pemkot Louny, untuk ikut serta dalam perhelatan tersebut. "Kami berharap, pertemuan ini akan memberi dampak positif, serta terus menciptakan hubungan baik sehingga ke depan saling memberikan keuntungan," harap Eman. 

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito mengungkapkan, Kota Tomohon sebagai salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara, memiliki keragaman agama dan budaya dengan mempertahankan nilai-nilainya. Hal ini juga berdampak baik pada keamanan dan kenyamanan lingkungan. “Kami terus mendorong lewat pengayoman untuk bersama-sama menjaga keamanan di Kota Tomohon dan Sulut pada umumnya,” ungkap Waskito. 

Wali Kota Louny Radovan Sabata saat menyambut rombongan Pemkot Tomohon,  membeberkan diundangnya Pemerintah Kota Tomohon, dikarenakan Kota Tomohon sampai saat ini dinyatakan sebagai salah satu Kota Terbaik di Indonesia. Terkait membangun toleransi dan kerukunan antar umat beragamanya. "Walaupun kerukunan beragama di Kota Louny termasuk baik, tetapi masih banyak hal yang ingin kami ketahui dalam hal menciptakan kerukunan beragama di Kota Tomohon,” ujar Radovan.

"Banyak kegiatan yang telah kami programkan dalam meningkatkan perekonomian serta aspek lainnya di kota kami, dan salah satu gelaran bergengsi yang kami laksanakan setiap tahun di Bulan Agustus adalah festival pariwisata musim panas,” tambahnya. 

Salah satu hasil pertemuan ini, Sabata telah menyatakan kesiapannya pada tahun depan untuk hadir sekaligus ambil bagian kegiatan Tournament of Flower (pawai kendaraan hias, red) sebagai salah satu agenda utama Tomohon InternTIFF. Rencananya, kelanjutan perundingan ini akan dibicarakan tahun depan, saat wali kota Louny akan berkunjung ke Kota Tomohon. (vip)

Kirim Komentar