11 Des 2017 10:01

Tomohon Hatrick Kota Peduli HAM

MyPassion
HARUMKAN SULUT: Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly saat acara Peringatan Hari HAM sedunia ke-69 Tahun 2017, di Hotel The Sunan Solo, Kota Surakarta Jawa Tengah, Minggu (10/12), kemarin.

SURAKARTA- Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) menghadiri acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia ke-69 Tahun 2017, di Hotel The Sunan Solo, Kota Surakarta Jawa Tengah, Minggu (10/12). 

Peringatan hari HAM sedunia ke-69 yang mengambil tema: "Kerja bersama untuk peduli Hak Asasi Manusia" ini dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo. Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada para kepala daerah gubernur, wali kota dan bupati atas kepeduliannya terhadap HAM. 

Jokowi juga mengajak para pengambil kebijakan, politisi dan birokrat agar senantiasa memperhatikan pemenuhan hak-hak asasi manusia. Baik hak ekonomi, sosial, kultural yang juga mempengaruhi hak politik. "Pada intinya kita semua harus melihat kepentingan mulai dari rakyat bawah," ungkap Jokowi.

Sebelumnya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjelaskan kriteria memperoleh penghargaan sebagai daerah peduli HAM, yaitu daerah yang mampu memenuhi hak masyarakatnya yaitu
hak kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak. "Juga, hak atas kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak maupun atas lingkungan berkelanjutan serta hak asasi manusia lainnya," urai Laoly.

Secara terpisah, Wali Kota Tomohon Jimmy Eman menyatakan terima kasih kepada pemerintah pusat khususnya kementerian hukum dan HAM atas penghargaan yang untuk ketiga kalinya diterima secara berturut-turut oleh Kota Tomohon. Yaitu sejak 2014, 2015 dan 2016. "Untuk dikatakan peduli HAM, maka yang paling penting bukanlah seberapa banyak yang kita lakukan untuk masyarakat, tapi seberapa banyak manfaat yang dirasakan masyarakat," terang Eman.

Sementara itu, SAS yang menerima langsung  penghargaan Tomohon sebagai Kota Peduli HAM dari Menteri Hukum dan HAM, mengatakan, penghargaan yang diterima ini dipersembahkan untuk masyarakat Kota Tomohon. "Penghargaan ini diperoleh berkat kerjasama semua pihak baik pemerintah, masyarakat, DPRD, Forkopimda, tokoh agama dan semua pemangku kepentingan yang ada," ungkap SAS.

Turut hadir mendampingi Asisten III Novi Politon SE, Kabag Hukum & HAM Denny Mangundap SH, dan Kabag Humpro Christo Kalumata SSTP. (vip)

Kirim Komentar