11 Des 2017 09:25

TSG jadi Kado Natal Guru-guru

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Guru-guru pemegang SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan siap-siap terima kado Natal. Pasalnya, Tunjangan Sertifikasi Guru (TSG) mulai disalurkan. Bahkan, beberapa daerah yang pembayaran periode triwulan III masih tertunda, sudah akan dibayarkan bersamaan dengan triwulan IV.

Di Minahasa, sebanyak 2.239 guru bakal menerima TSG periode Triwulan IV. Anggaran sebesar Rp 19,3 miliar pun digelontorkan untuk kesejahteraan guru. “Dananya sudah ada di Dinas Keuangan, masih  sama anggaran seperti TSG triwulan III, syaratnya pun masih sama. Wajib membawa SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK),” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Arody Tangkere.

Dikatakan Tangkere, dari jumlah guru sertifikasi di Minahasa, tinggal 50 guru saja yang belum mengantongi SK Dirjen GTK. “Sementara berproses yang 50 lagi. Biasanya kalau sudah diajukan, seminggu proses pengurusannya selesai. Begitu selesai siap kita bayarkan,” kata dia.

"Wajib ditingkatkan, pemerintah kini tak tanggung-tanggung menjamin kesejahteraan guru. Dan satu lagi, bagi guru yang tidak mengantongi jam mengajar ideal, misalnya 24 jam seminggu. Atau tidak masuk kelas selama tiga hari, TSG tidak dapat kami berikan," tandasnya.

Di Bitung, 792 guru juga bakal menerima sertifikasi. Khusunya TSG triwulan IV. Kepala BPKAD Bitung melalui Kabid perbendaharaan Herlina R Bakari mengatakan, untuk triwulan IV, sekira Rp 9 miliar dana yang ditransfer pusat sudah siap disalurkan.

“TSG triwulan IV sudah aman. Pembayarannya sesudah tanggal 12 Desember mendatang. Pun untuk TSG triwulan III sebenarnya sudah selesai, tinggal menunggu guru yang belum memiliki surat keputusan tunjangan profesi (SKTP) dari pusat. Sebab ini (SKTP) menjadi dasar pencairan TSG,” terangnya.

Dia menambahkan kalaupun sampai tanggal 12 Desember SKTP triwulan III belum ada, maka pembayaran TSG triwulan IV harus dicairkan. Diakuinya memang ada keterlambatan pembayaran, baik TSG triwulan III dan IV. “Keterlambatannya, biasanya disebabkan karena kita (BPKAD) harus rekon dulu dengan kementerian teknis. Baru selanjutnya dikaji dan dieksekusi oleh untuk pencairannya,” terangnya.

Senada, kabar gembira ini juga melanda guru sertifikasi di Kabupaten Kepulauan Sangihe. TSG untuk triwulan III bagi tenaga guru profesional tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan segera terbayar.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan melalui Kabid Perencanaan Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Sangihe Jupiter Budikase. Dikatakannya untuk pencairan TSG triwulan III dengan total anggaran Rp 9,8 M yang sempat tersendat akan terbayar di pekan depan. “Bagian perbendaharaan sudah janji pembayaran TSG Triwulan III akan cair pekan depan. Jadi diharapkan agar para penerima sertifikasi tetap bersabar,”  pintanya.

12
Komentar
Kirim Komentar