09 Des 2017 09:08
Minsel Punya Objek Wisata Religi

Saksikan Pelayanan Yesus di Bukit Doa Pinaling

MyPassion

Objek wisata religi Bukit Doa Pinaling di Desa Pinaling, Kecamatan Amurang Timur, jadi salah satu ikon pariwisata Minsel. Lokasi ini dirancang untuk menceritakan perjalanan pelayanan Yesus Kristus.

Laporan: Jendri Dahar

SELAIN sejuk dan nyaman, masyarakat Minsel bisa melihat keindahan taman mini Israel yang dibuat menggambarkan perjalanan Yesus sebelum lahir, sampai lahir di Betlehem, masa pelayanan hingga penyaliban, mati dan dikuburkan, bangkit ke sorga. "Dibangunnya tempat ini merupakan nubuat," ungkap Capt T Walla, pemilik sekaligus perancang objek wisata Bukit Doa Pinaling.

Bukit doa, lanjutnya, dibangun dengan konsep wisata rohani. Mulai dibangun 26 April 2003, silam. "Ada rangkaian jalan salib yang menggambarkan perjalanan penderitaan Kristus dari Yerusalem menuju Bukit Golgota, dengan patung-patung yang menyerupai. Adapula beberapa patung memiliki papan yang menjelaskan tentang peristiwa kesengsaraan. Salib kayu berada di posisi paling tinggi, dengan patung Bunda Maria yang memeluk tubuh Tuhan Yesus di bagian bawah," urainya.

Tempat ini sangat cocok bagi yang ingin mencari pengalaman spiritual sambil berwisata. "Tapi juga bisa dijadikan tempat ibadah, foto pre-wedding, dan sebagainya. Dan terbuka untuk umum," tukasnya, sembari menambahkan tersedia juga beberapa fasilitas, di antaranya gereja, tempat penginapan, aula atau tempat ibadah, dan tempat-tempat lain.

Untuk ke sana, wisatawan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. "Biaya masuk mobil hanya 10 ribu, motor 5 ribu. Per orang 3 ribu. Jika ingin sewa kamar 500 ribu. Sedangkan kalau pakai rumah 1,5 juta di luar bensin," tambah Novi Runtuwarow, penjaga Bukit Doa Pinaling.

Toni Louhenapessy, salah satu pengunjung mengaku tertarik dengan keindahan dan keunikan Bukit Doa Pinaling. "Tempatnya bagus, nyaman dan sejuk. Selain itu wisata religinya nampak. Kami bisa tahu banyak hal mengenai perjalanan Yesus di tempat ini," kuncinya.(***)

Kirim Komentar