09 Des 2017 08:42
Dana Desa Jangkau Pelatihan Hidroponik

Keren! Desa Ini Pakai CCTV, Ciduk Doger Anjing

MyPassion
GANTI RONDA MALAM: Hansip, perangkat desa hingga warga memantau CCTV di balai desa. Penjagaannya dilakukan bergilir.

MINUT- Sebanyak empat CCTV ditempatkan di Jaga Tiga-Lima, Desa Lilang Kecamatan Kema, Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Demi menjaga kamtibmas. Adanya CCTV ini, maka tidak ada lagi namanya ronda malam. Karena tinggal memantau dari server di Balai Desa. Terbukti, saat dipasang 1 Desember, esok malamnya sudah dapat pencuri anjing. Pelakunya orang luar. "Kan kami lihat di server, maka kami telfon orang di Lansot dan mereka (warga Lansot, red) yang hadang. Soalnya kan, pencuri sudah lewat dari desa," terang Hukum Tua (Kumtua) Lilang Rolly Rorong, Jumat (8/12), kemarin.

 

Diungkapkannya, CCTV mempermudah warga dan pemerintah. Karena, desa sudah terpantau, dengan hanya melihat dari server. Pastinya, ada yang memantau atau menjaga server di balai desa. Penjagaannya dilakukan hansip dan perangkat desa. Serta dibantu warga. Tapi bergilir atau bergantian. “Dengan adanya sistem keamanan seperti ini, sangat membantu. Tahun depan, akan diadakan empat unit. Untuk diletakkan di Jaga Satu dan Dua. Agar, Desa Lilang terpantau semua,” paparnya

Untuk saat ini, katanya, kenapa CCTV nya diletakkan di daerah pantai?. Karena daerah tersebut rawan. Karena pengacau dari luar pada umumnya, berasal dari pantai. "Jadi kenapa sampai pantai yang kami backup lebih dulu," sambungnya.

Untuk anggaran katanya, dari ADD. Kalau untuk tahap dua ini, akan dibuat tambatan perahu. Untuk pembuatan air bersih masih ada 40 persen dananya. "Yang sisa pembuatan air bersih, tinggal dimasukan ke rumah-rumah warga," terangnya didampingi Sekretaris Desa Jeane Pangkerego.

Untuk tahap satu katanya, telah dilakukan pelatihan hidroponik. Bukan sekedar pelatihan saja. Tapi langsung praktek dan langsung dengan hasil. Semuanya belajar dari nol. Rangkai bahan, bibit, penyamaian, dan sampai panen. Hanya sebulan waktunya. Saat satu bulan sudah panen. "Harapan saya, dana dari pemerintah, warga Lilang makin sejahtera. Warga Lilang dari Jaga Satu sampai Lima, tetap menunjang program pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, dan pusat," pungkasnya. (***)

Kirim Komentar