08 Des 2017 13:40

Bakal Diberikan Tunjangan, Ratusan Honorer Terima SK

MyPassion
Jantje Wowiling Sajow

MINAHASA—Kabar gembira bagi sekira 700 honorer jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa. Pasalnya, bulan ini mereka bakal menerima tunjangan gaji setara Upah Minimum Provinsi (UMP). Hal disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Melky Rumate melalui Sekretaris Andre Winowatan.

Dia melanjutkan, sekira 700 tenaga honorer yang memiliki SK Bupati tahun 2016 saja yang akan menerima gaji sesuai UMP. “Honorer paling banyak dari Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pasar dan Damkar. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans),” ungkap Wiowatan.

Lebih jauh dirinya mengatakan,  SK tenaga honorer sesuai arahan dari BPK hanya setahun diberlakukan. “Tahun depan tidak ada belum ada pengangkatan Calon  Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dikarenakan, anggaran belanja daerah, besar dikeluarkan guna membayarkan gaji pegawai,” kata Winowatan.

Termasuk pengangkatan honorer dia menegasjan, belum bisa dilakukan. “Belum ada wacana pengangkatan honorer ke PNS, apalagi pembukaan pendaftaran. Yang ada hanya, pengusulan honorer ke BKD. Dinilai, apakah sudah memenuhi syarat untuk diberikan SK Bupati,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Jantje Wowiling Sajow  (JWS) juga mewacanakan untuk memberikan SK kepada ratusan honorer di jajaran Pemkab Minahasa. Namun, saat itu, orang nomor satu di Minahasa ini memprioritaskan pemberian SK bagi honorer guru. Dijanjikan JWS, para guru honorer ini dipastikan akan diberikan tunjuangan beserta SK honorer dari Bupati.  “Tunjangan kepada guru honorer akan kita berikan walaupun belum banyak,” kata JWS.

Menurut mantan pendidik ini, yang utama bagi tenaga honorer khusunya yang mengabdi sebagai guru ini adalah dikeluarkannya SK oleh kepala daerah dalam hal ini Bupati Minahasa. “Semua tenaga honorer baik yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta akan dikeluarkan SK Bupati, namun anggaranya belum ditentukan,” kunci JWS. (cw-01/fgn)

Kirim Komentar