08 Des 2017 13:29

2018, Pabrik Es di Batumbalango Dibangun

MyPassion

TALAUD--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Talaud akan membangun pabrik es di Desa Batumbalango, Kecamatan Essang Selatan, 2018 nanti.Pembangunan ini untuk mendukung program Pemkab Kepulauan Talaud sebagai sentra kelautan perikanan terpadu di wilayah perbatasan.

"Pabrik es yang nantinya dibangun dengan kapasitas 1,5 ton perhari, untuk membantu nelayan setempat dalam mendinginkan ikan agar lebih awet," ungkap Kepala Dinas Perikanan Leida Dachlan, kemarin. Ia mengatakan, rencana pembangunan pabrik es di Batumbalango sudah masuk dalam agenda kerja program 2018. Dengan dibangunnya pabrik es untuk nelayan di Kecamatan Essang Selatan, kebutuhan es bagi nelayan lokal dapat dipenuhi.

"Lokasi pembangunan pabrik es sudah dipersiapkan," tambah Dachlan. Sembari mengakui, selama ini nelayan masih menggunakan es rumahan yang tentu kualitasnya tidak begitu baik.

Terpisah, Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip meminta lahan tempat akan dibangunannya pabrik es tidak bermasalah. "Pembangunan pabrik es berskala kecil ini dianggarkan sebesar Rp450 juta. Essang Selatan yang masuk sebagai zona penyangga perikanan, akan dibangun kawasan perikanan di kecamatan ini. Dimulai dengan pabrik es yang kemudian berlanjut dengan pembangunan pelabuhan perikanan dan lainnya," kata bupati, sembari berharap pabrik es yang dibangun bisa menunjang kebijakan sentra kelautan perikanan terpadu di Kepulauan Talaud.(fik/ria)

Kirim Komentar