07 Des 2017 13:05
Lantas Siap Tindak di Tempat

Strobe Light Beresiko Kecelakaan

MyPassion

BITUNG—Penggunaan lampu rotator mini (strobe light) sangat marak di Bitung. Hal ini disebabkan penjualan bebas di masyarakat. Padahal penggunaan yang salah, sangat beresiko menyebabkan kecelakaan. Hal ini ditegaskan Kasat Lantas Polres Bitung AKP Andri Permana, kemarin.

 

Menurutnya penggunaan strobe light, sesuai undang-undang hanya dikhususkan untuk kendaraan tertentu. “Penggunaan strobe pada dasarnya untuk mendapat priorotas jalan. Prioritas pertama adalah kendaraan pemadam kebakaran (damkar), diikuti ambulans. Prioritas ketiga adalah kendaaraan polisi, diikuti pejabat pemerintahan urutan keempat. Namun saat ini, banyak dipasang dikendaraan pribadi masyarakat,” ungkapnya.

Padahal penggunaan strobe yang keliru, lanjutnya, sangat beresiko fatal terjadinya kecelakaan lalulintas. “Ini tidak dibolehkan. Karena bukan hanya sekedar membunyikan sirine, namun ada prosedur dan ketentuan penggunaanya. Polisi pun kalau melakukan pengawalan harus memiliki izin sertifikasi khusus,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Permana, Salantas akan melakukan operasi penertiban. “Kalau kita dapati akan langsung ditindak. Bahkan bisa langsung dilakukan penyitaan. Namun yang jadi dilema saat ini, strobe dijual secara bebas di masyarakat. Jadi kami mengimbau jangan digunakan bagi yang tidak berkepentingan,” tegasnya. (cw-03/can)  

Komentar
Kirim Komentar