07 Des 2017 07:55
Hukum Tua: Sudah Jadi Adat

Korban Gantung Diri di Minsel Dimakamkan Tanpa Peti dan Prosesi Ibadah

MyPassion
Ilustrasi

MINSEL—Tragedi gantung diri dua sejoli akibat cinta yang ditentang, terus menjadi bahasan masyarakat Minsel. Terbaru, cara keluarga masyarakat mengebumikan keduanya dinilai tidak manusiawi. Diketahui, keduanya dimasukkan ke liang kubur tanpa prosesi ibadah maupun pelepasan. Bahkan mereka hanya dimasukkan ke dalam sebuah kotak bukan peti jenasah di satu liang lahat.

Sejumlah tokoh masyarakat sampaikan kekecewaan. Wakil Bupati Frangky Wongkar mengaku prihatin. Hanya saja, hal tersebut dinilai harusnya tidak dilakukan. "Kita bisa memahami kondisi tersebut namun alangkah baiknya bila mereka tetap diperlakukan sebagai manusia," nilai dia.

Masyarakat diminta berhenti berpolemik dan menjadikan hal itu sebagai momentum pendewasaan diri. Para orang tua pun diharapkan mampu meningkatkan pengawasan. Melakukan pendekatan dengan benar agar tidak ada dampak negatif. "Saya dengar dari Pak Wakapolres ada alasan tambahan. Kita harus memahami kondisi psikis mereka. Tapi, sekali lagi ini harus jadi pelajaran berharga," tutur dia.

Sementara itu, Hukum Tua Josep Rumengan menyebutkan, sikap masyarakat sudah menjadi aturan karena sebelumnya kesepakatan telah dibuat. Yakni warga yang meninggal dunia karena bunuh diri tidak dibenarkan untuk didoakan serta menggunakan peti saat akan dimakamkan.

“Ini sudah jadi adat. Kematian menjadi keinginan mereka sendiri, jadi apa yang harus didoakan. Demikian juga sudah menjadi resiko mereka untuk dimakamkan dengan tidak menggunakan peti, karena sudah disepakati bersama. Baik pemerintah, gereja dan masyarakat,” tutur dia.

Terpisah, Kapolres Arya Perdana mengungkapkan, proses penyidikan telah dihentikan atas permintaan keluarga. "Keluarga menolak jasad keduanya diotopsi," ungkapnya.

Sebelumnya, Rino Zaferius Karwur (20) dan Meifa Karwur (13), ditemukan tak bernyawa dalam keadaan tergantung di tower sutet Desa Koreng Jaga IV, Kecamatan Tareran, Selasa (5/12) pagi sekira pukul 7.30 wita.

Informasi didapat, keduanya memilih bunuh diri akibat cinta yang tak direstui karena masih memiliki hubungan saudara. (jen/gel)

Komentar
  • MyPassion


    10 Des 2017 21:36

Kirim Komentar