06 Des 2017 14:49
Wali Kota: Ada Catatan Khusus

20 Lurah dan 4 Camat Dievaluasi

MyPassion

BITUNG—Masih ada 20 kelurahan dan empat kecamatan yang target PBB-P2 belum 100 persen. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Ferdinand Tangkudung saat evaluasi di BPU Kantor Wali Kota, Selasa (5/12) kemarin.

Menurutnya, ada beberapa alasan dari lurah dan camat. Di antaranya pertumbuhan ekonomi lagi melesu. Juga pemilik objek pajak seringkali tidak berada di tempat. “Jadi saya katakan ke mereka, apa yang jadi alasan kalian, sama halnya dengan alasan yang sudah capai 100 persen. Bisa langsung dibuktikan, dengan ditanyakan kepada kelurahan yang sudah 100 persen. Jadi kenapa yang lain bisa, yang lain tidak,” tegasnya.

Lanjutnya, hasil dari evaluasi ini membuktikan kinerja masing-masing. “Yang membedakan adalah mereka mau turun langsung atau tidak. Mengecek dan lainnya. Ironisnya ada beberapa kelurahan yang tahun lalu capai target, namun tahun ini masih di bawah. Berarti berkaitan erat dengan kinerja,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan, akan ada penilaian kinerja sesuai capaian sampai akhir tahun. “Bagi yang tidak capai target PBB-P2, baik kelurahan dan kecamatan akan ada catatan khusus. Yang disampaikan ke Sekkot sebagi Ketua Baperjakat. Apakah akan dipromosi, didemosi, atau tetap pada tempatnya,” warning Politisi NasDem ini.

Untuk yang capai 100 persen, akam diberikan reward khusus. “Khusus lurah dan camat yang mencapai 100 persen pada akhir tahun, akan dihadiahi studi di beberapa daerah. Baik pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Tujuannya, agar boleh mendapat masukkan tentang kinerja pendapatan daerah,” tutupnya.(cw-03/can)

Kirim Komentar