06 Des 2017 15:22
Pemilihan, Mei 2018

122 Kampung Bakal Miliki Kapitalaung Baru

MyPassion

SANGIHE—Sebanyak 122 kampung di Kepulauan Sangihe 28 Mei 2018 nanti bakal miliki Kapitalaung baru. Pasalnya, 122 kampung akan dilaksanakan Pemilihan kepala kampung (Kapitalaung) gelombang satu yang akan diadakan serentak.

 

Terbukti, Senin (4/12), pendaftaran bakal calon (Balon) sudah dimulai di sekretariat kampung masing-masing.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Setda Sangihe melalui Kasubag Otda dan Pemerintahan Desa (Pemdes) Karisma Bataha SIP mengatakan, panitia kabupaten baru selesai melakukan bimbingan teknis (bimtek) kepada panitia kampung.

"Pendaftaran balon kapitalaung gelombang satu sebanyak 122 kampung dari 145 di Kepulauan Sangihe sudah dimulai dan berakhir 14 Desember nanti. Sementara 22 kampung sisanya nanti gelombang kedua yakni dua tahun sesudah gelombang pertama sesuai Permendagri No 112 tahun 2014," jelas Bataha saat dikonfirmasi Senin (4/12).

Lanjutnya, petunjuk teknis (juknis) pencalonan kapitalaung sudah diedarkan ke semua kampung yang akan ikut pemilihan, Jumat-Sabtu (1-2/12) pekan lalu. "Juknis tersebut berdasarkan Permendagri No 112 tahun 2014, Permendagri 65 Tahun 2017 serta Perda No 1 Tahun 2016," ungkapnya.

Disentil mengenai batasan balon dalam satu kampung, Bataha menegaskan dalam satu kampung harus ada 2 sampai 5 balon dengan umur minimal 25 tahun tanpa maximal yang terpenting memiliki keterangan berbadan sehat.

"Namun jika lebih dari 5, misalnya 7 balon maka akan diseleksi oleh panitia kabupaten dan nantinya akan ada dua balon yang gugur. Kemudian 5 balon yang terpilih akan dilimpahkan lagi ke panitia kampung. Tetapi jika balon kurang dari dua maka pemilihan kapitalaung kampung tersebut dianggap batal dan nanti pada gelombang kedua," jelas Bataha.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME berharap pendaftaran balon kapitalaung berjalan sesuai mekanisme yang ada. "Pendaftaran ini dibuka untuk semua yang tentunya masuk dalam persyaratan agar semua berjalan dengan lancar," tutup bupati. (tr-08/ria)

Kirim Komentar