05 Des 2017 15:14
Berdalih Anggaran Perawatan

What!!!Bantuan APBN Kok Disewakan ke Petani

MyPassion
PRIHATIN: Bantuan alat pertanian dari pusat menumpuk di depan kantor Dinas Pertanian Minsel. Rumput di seputaran alat bahkan telah tinggi. Foto: Jendri Dahar/MP

MINSEL—Miris. Puluhan unit alat pertanian bantuan dari pusat hanya terparkir di depan kantor Dinas Pertanian Minsel. Pantauan Manado Post kemarin, beberapa di antaranya bahkan hampir lapuk. Meskipun masih terlihat baru, rumput di seputaran alat berbandrol APBN itu tampak tinggi.

Salah seorang petani bahkan mengaku, pihaknya harus merogoh kocek untuk menyewa bila ingin menggunakan alat di dinas pertanian. "Katanya untuk perawatan. Alat-alat yang belum disalurkan itu yang disewakan," beber dia.

Menanggapinya, Kabid Tanaman Pangan Albrian Rantung menjelaskan, penyaluran alat bantuan pertanian melekat di Brigade Alsintar. Proses diatur sebagaimana aturan pusat. "Biasanya itu disalurkan pada saat pengolahan atau panen. Sekarang sudah dekat, berarti sebentar lagi disalurkan," terangnya.

Dia menyebut, karena keterbatasan alat sehingga petani yang ingin menggunakan dapat bermohon. "Itu kan ada biaya penyusutan agar kondisi alat tetap baik," jelasnya. (jen/gel)

Komentar
Kirim Komentar