05 Des 2017 16:16

Warga Dampulis Bakar Bantuan Pemprov

MyPassion
Kris M Siso

TALAUD—Tindakan anarkis dilakukan Warga Desa Dampulis Kecamatan Nanusa Kepulauan Talaud. Karena kesal, warga membakar bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

 

Aksi ini merupakan tindakan protes warga kepada pemprov Sulut, karena dinilia penyaluran bantuan tidak merata.

Bahkan, warga meminta Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE memenuhi janjinya yang diutarakan langsung didepan seluruh warga Dampulis. "Pada kunjungan Gubernur April 2016 lalu, Gubernur menjanjikan akan memberikan berbagai bantuan kepada warga Dampulis, yang pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur lalu, seratus persen suara warga Dampulis diberikan untuk bapak Olly Dondokambey. Wujud dari tindakan protes, sebagian warga hampir saja membakar habis bantuan kendaraan yang diberikan pemprov untuk warga desa sebelah," kata Kepala Desa Dampulis Kris M Siso, kemarin.

Adapun bantuan yang dijanjikan Gubernur 2016 lalu, diantaranya dua buah kendaraan roda empat, pembangunan jalan paving dua km, beras lima ton dan dua buah mesin tempel 40 pk. Juga pendingin dua unit, 10 unit katinting dan peralatan kesehatan. Dimana semua bantuan yang dijanjikan tersebut hingga kini tak kunjung sampai di tangan warga Dampulis.

"Sampai sekarang warga belum pernah menerima bantuan langsung dari pemprov. Saya sudah pernah menanyakan, namun tidak diberikan jawaban pasti. Selaku pemerintah desa mewakili masyarakat saya memohon agar pak gubernur dapat menepati janji. Sebab warga sudah mulai bertindak anarkis," tambah kades.

Senada disampaikan mantan anggota DPRD Talaud Yosua Batunan. "Kalau pemprov niat memberikan bantuan, tolong dijawab permintaan warga. Kalaupun tidak, kami meminta bapak gubernur menyampaikan langsung didepan warga. Sebab janji untuk memberikan bantuan, disampaikan pula secara langsung oleh gubernur didepan masyarakat saat berkunjung di wilayah perbatasan ini,” katanya.

Sembari menambahkan, jangan buat warga menanti harapan kosong. Memang ada bantuan dari pemprov, namun hanya diberikan di desa lain di Kecamatan Nanusa. “Dampulis sampai sekarang tidak pernah menerima bantuan," tegasnya.(fik/ria)

Kirim Komentar